DEFAULT PUPUK UREA SUBSIDI DI AGARA BERTAMBAH, BPP BAGI JONASI KIOS PENGENCER. 

MPI, Aceh. MPI. Kutacane, Terkait Penambahan default Pupuk Urea Subsidi di Aceh Tenggara, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Lawe Sumur, perjelas Jonasi Kios Pengencer Pupuk Urea subsidi.

Kepala BPP Lawe Sumur Suburdin. Sp, saat jumpa pers dengan Media Patriot.co.id pada Selasa, 15- Oktober 2019, menjelaskan, perlunya Jonasi di bentuk, demi kelancaran Petani untuk mendapatkan Pupuk Urea Subsidi.

Menurutnya, Pembentukan Jonasi adalah salah satu tindakan tegas terhadap Kios pengencer, bahwa enceran pupuk tersebut harus disesuaikan dengan Jonasi yang sudah di SK kan oleh Dinas Pertanian Agara.

Suburdin memaparkan, Kecamatan Lawe Sumur memiliki 18 Desa terbagi dari 4 Kios Pengencer yakni, UD. Aulya Tani, UD. Nadira, UD. Asyra Tani dan UD. Lestari Tani, masing-masing Kios Pengencer tersebut sudah di SK kan, dan mendapatkan default tambahan Pupuk Urea Subsidi.

Jumlah default tambahan Pupuk Urea Subsidi di Kecamatan Lawe Sumur sejumlah 62 Ton terbagi sesuai dengan jumlah Petani yang ada di Kecamatan dan Jonasi Kios Pengencer.

UD. Aulya Tani mendapatkan tambahan pupuk urea subsidi sejumlah 22 Ton, dengan Jonasi wilayah adalah, Desa Trt Megara Lawe Pasaran, Kisam Kute Rambe, Kisam Kute Pasir, Kisam Lestari dan Kisam Gabungan.

UD. Nadira 10 Ton, Jonasi wilayah, Desa Lawe Sumur, Lawe Sumur Baru, Lawe Sumur Sepakat dan Desa Lawe Polak.

UD. Asyra Tani 10 Ton, Jonasi wilayah, Desa Berandang, Tgk Mbelin, Panosan dan Desa Trt Megara Baru.

UD. Lestari Tani 20 Ton, Jonasi wilayah, Desa Setia Baru, Kute Lesung, Kute Bunin dan Desa Buah Pala.

Suburdin berharap, dengan adanya default tambahan pupuk urea subsidi di kecamatan Lawe Sumur, tanaman Petani  yang berupa dari beberapa jenis komodit, petani dapat meningkatkan pendapatan produksi, terlebih lagi pada saat musim tanam rendang komoditi padi ini, Dinas Pertanian Agara berharap penuh kepada  Petani agar mendapatkan hasil yang maksimal, tutupnya Suburdin. Sp.

( Redaksi )

Editor:Pairin

Wartawan:Samsuri

Bagikan :