12 MAKAM KIYAI NU INDRAMAYU DI ZIARAHI PADA HARI SANTRI

Indramayu, MPI

Hari Santri Nasional (HSN) adalah hadiah dari pemerintah Indonesia pada periode Jokowi – Juduf Kalla yang sengaja di dedikasikan, untuk para santri yang telah gugur membela tanah air. Pada saat penjajahan belanda, dan untuk mengenang jasa para santri pada HSN 2019, para kiyai dan santri dari Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Kabupaten Indramayu mengadakan ziarah qubur mendatangi ke 12 makam,  para kiyai pendiri Nahdlatul Ulama (NU) di bumi Wiralodra pada Kamis (17/10).Ketua PCNU Kabupaten Indramayu KH. Juhadi Muhammad, dalam keterangan ziarah qubur didampingi panitia HSN menyampaikan, bahwa 12 Makam yang di ziarahi, semuanya adalah ulama yang benar-benar menegakan NU di bumi Wiralodra.

“Ada 12 kiyai yang kami ziarahi, bukan berarti yang lain tidak kami doakan. Insya allah semuanya kami doakan, karena para pejuang dan pahlawan, berbasis NU di Indramayu. Tentunya sangat banyak, namun kiyai ini sebagai perwakilan dari semua gerakan ke NU-an di bumi Wiralodra dan beliau semua telah gugur mendahului kita semua, namun karyanya akan senantiasa kita rasakan, “ungkapnya.

Ketua HSN Kabupaten Indramayu, M. Athoillah Al-Fudholli menjelaskan pada awak media, bahwa 12 makam tokoh kiyai yang di ziarahi memiliki karya yang luar biasa hingga hari ini.

“Tokoh NU yang kami ziarahi berjumlah 12 orang yang telah wafat,  adapun nama-namanya adalah Syekh Syakir (bumi Patra Wotgalih), KH. Khumaedi (Babadan), KH. Raden Duni (Sindang), KH. Bilal (Kepolo), KH. Mashadi (Karangampel), KH. Rosyidi (Karangampel), KH. Dasuki (Pipisan), KH. Basuni (Segeran kidul), KH. Amin Mubarok (Kertasmaya), KH. Khudori (Pawidean), KH. Ahmad Fudholi (Patrol), KH. Dalil (Sukra), “pungkasnya.

Pada ziarah tersebut dihadiri oleh seluruh badan otonom dan Lembaga PCNU Kabupaten Indramayu. Serta dilanjutkan rombongan menuju, ziarah 12 makam kiyai NU melanjutkan ke bumi perkemahan HSN yang bertempat di sekitaran Kecamatan Kandanghaur Pantura Indramayu.(Deswin Nazamudin)

Bagikan :