oleh

Dirikan Sentra Rumah Produksi Tempe, Satgas Yonif MR 411 Tingkatkan Ekonomi Warga Papua

MPI, JAKARTA,- Guna meningkatkan ekonomi warga Papua, Satgas Yonif 411/PDW membangun Sentra Rumah Produksi Tempe bagi warga RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., di Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (18/10/2019).

Dikatakan Rizky, kegiatan yang diinisiasi Danpos Yakyu Letda Inf I Komang Adhi bersama anggotanya tersebut, bertujuan untuk memberikan pendampingan edukasi bagi warga yang ingin belajar cara membuat tempe.

“Dengan telah dibangunnya Sentra Rumah Produksi Tempe, maka pelaku-pelaku usaha tempe ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan produksinya sehingga mendorong sektor ekonomi di wilayah Sota,” ucap Dansatgas.

“Edukasi mulai dari pengenalan teori sampai produksi selesai. Kita berharap, pembangunan rumah produksi tersebut dapat mendorong dan meningkatkan Industri Kecil Menengah (IKM) khususnya Industri tempe,’’ tandasnya.

Terpisah, Letda Inf I Komang Adhi saat meresmikan berdirinya Sentra Rumah Tempe mengatakan, tempat ini sebagai sarana belajar dan praktek warga dalam memproduksi tempe, dimana hasilnya dapat dikonsumsi sendiri, dan juga dapat dijual ke warga lainnya di Kampung Rawabiru.

“Kedepan kita merencanakan, untuk mengembangkan bahan baku tempe yakni dengan menanam tanaman kedelai secara bersama-sama,’’ ujarnya.

“Sehingga kedepannya, selain bahan baku dan hasil produksi tempe yang kita hasilkan sendiri, dapat meminimalisir biaya produksi yang dikeluarkan,’’ terangnya.

Dirinya berharap, dengan hadirnya Sentra Rumah Tempe menjadi salah satu peluang membuka usaha kecil masyarakat guna menambah penghasilan ekonomi sehingga meningkatkan kesejahteraan warga diwilayah perbatasan,’’ pungkasnya.

Sementara itu Lukas Robert Maiwa selaku Ketua RT 03 Yakyu memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan Satgas untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warganya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI dari Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad yang atas kepedulian dan perhatiannya mendirikan rumah tempe bagi warga, ini adalah yang pertama kali ada di RT 03 Yakyu,’’ ucapnya.

“Sebagaimana terlihat, antusiasnya warga mengikuti pelatihan dengan penuh semangat, tentunya warga sangat tertarik untuk ikut mengembangkan usaha membuat tempe ini, semoga ilmu ini memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup warga Yakyu,” tandasnya. (Dispenad).

( Redaksi )

Editor:Pairin

Bagikan :

Berita Kegiatan Presiden Ir. Joko Widodo di MPI, kunjungan kerja, peresmian dan lain lain KLIK DISINI
Kegiatan Panglima TNI ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Kegiatan Kapolri ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Cara Cepat Cari Berita Ketik di Bawah Ini:

Ada Iklan Lowongan Pekerjaan, Lowongan Wartawan, Iklan Jual Mobil, Motor dan lain lain baca sekarang di IKLAN BARIS >>

Tentang Penulis: Admin

Gambar Gravatar
MediaPATRIOT.CO.ID adalah media online nasional terlengkap didirikan sejak 27 maret 2012 meliput berita nasional, regional, internasional, daerah, pendidikan, politik, sosial, budaya, konomi, hukum dan kriminal.

Bagaimana Wajah Kinclong Daus Mini Menjelang Peernikahan ke Tiga Artis6.COM >>


News Feed