Kuker Tim Wasrik Itdam XIII/Merdeka, Pemeriksaan/Pengawasan Cetak Sawah di Wilayah Kodim 1308/LB

BANGGAI, MPI_Tim Wasrik Itdam XIII/Merdeka melakukan kunjungan kerja (Kuker) di Wilayah Kodim 1308/Luwuk Banggai. Kuker dalam rangka terkait pengawasan dan pemeriksaan Cetak Sawah Baru (CSB).

CSB diwilayah Kodim 1308/LB terdapat di Desa Saiti, Kecamatan Nuhon, seluas 30 Ha; 60 Ha di Desa Dwi Karya, Kecamatan Bualemo; 20 Ha di Desa Arga Kencana, 25 Ha di Desa Mekar, Kecamatan Moilong; dan 65 Ha di Desa Dongin, Kecamatan Toili Barat, dengan jumlah total 200 Ha.

Dalam kunjungan kali ini, Tim Wasrik dipimpin Kolonel Inf Susanto L Manurung, S.IP, selaku Ketua Tim, bersama 3 orang anggota yakni Letkol Inf Syamsul Bahri, Letkol Inf Muh. Taufik, S.Pd, dan Letkol Inf Imam Bashori, S.Ag.

Proses pemeriksaan dan pengawasan CSB yang digelar selama tiga hari 16-18 Oktober 2019, Tim Wasrik didampingi Kasdim 1308/LB Mayor, Inf Red Abner Patambo, mewakili Dandim 1308/LB, bersama Pasi Terdim 1308/LB, Kapten Inf Dwi Karyo Basuki; anggota Staf Teritorial Kodim 1308/LB, Pelda Aris Kambotu dan Serka Rizal; serta para Danramil jajaran Kodim 1308/LB yang berada diwilayah masing-masing.

Pada kegiatan pengawasan dan pemeriksaan tersebut, oleh Tim Wasrik melaksanakan peninjauan dan pertemuan dengan para kelompok tani yang berada di wilayah 4 Kecamatan yang terdapat CSB.

Dandim 1308/LB, Letkol Inf Nurman Syahreda, SE, melalui Kasdim 1308/LB, Mayor Inf Red Abner Patambo, menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Tim Wasrik di wilayah Kodim 1308/LB dalam rangka melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan CSB di wilayah Kodim 1308/LB, khususnya di 4 (empat) Kecamatan yang ada wilayah Kabupaten Banggai.

Lanjutnya, terkait pelaksanaan percetakan sawah baru di wilayah Kodim 1308/LB, sejak awal dimulai proses CSB sampai saat masih berjalan sesuai dengan rencana. Dan pada saatnya CSB dapat diselesaikan sesuai dengan tepat waktu yang telah ditentukan.

Sementara itu, Ketua Tim Wasrik Itdam XIII/Merdeka, Kolonel Inf Susanto L Manurung, S.IP, melalui Letkol Inf Syamsul Bahri, pada pertemuan bersama para kelompok tani mengatakan bahwa TNI bersama Kementan RI akan terus melakukan CSB dengan maksud untuk mencapai target cetak sawah sesuai dengan harapan pemerintah, dan kerja sama dengan TNI juga tetap dilanjutkan.

Lebih lanjut disampaikan, sinergitas Kementan RI dengan TNI AD telah diwujudkan dalam berbagai kegiatan, diantaranya pengawalan Luas Tambah Tanam (LTT), Pengawalan Serap Gabah (Sergab) bahkan Penyaluran Pupuk Bersubsidi.

“Apresiasi Kementan RI kepada TNI yang diiringi komitmen untuk terus mengawal sawah-sawah baru agar bermanfaat bagi petani penerima manfaat, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan. MOU dan kontrak yang telah ditandatangani merupakan dokumen legal sebagai dasar pelaksanaan kegiatan konstruksi cetak sawah 2019,” tuturnya.

Ditambahkan, pada kegiatan cetak sawah, oleh Kementan RI melalui Ditjen PSP terbagi dua, salah satunya kegiatan mencetak sawah dengan mengubah lahan tidur menjadi sawah serta optimalisasi lahan.

“Sesuai nawacita Presiden RI Joko Widodo dan persiapan menuju lumbung pangan dunia tahun 2045, kegiatan cetak sawah 1 juta Hektar Are (Ha) yang ditargetkan tercapai hingga pemerintahan Jokowi-JK berakhir, saat ini ternyata telah terwujud, bahkan CSB berlebih dari 1 juta Ha,” tambahnya.

Tim Wasrik berharap masyarakat kelompok tani dapat mempergunakan bantuan pemerintah dengan sebaiknya sesuai dengan harapan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat.

“Dengan adanya CSB tersebut, masyarakat benar-benar memanfaatkan apa yang menjadikan harapan pemerintah dalam peningkatan swasembada pangan,” harapnya.

Selain itu, kepada PPL bersama Babinsa, Tim Wasrik menghimbau untuk selalu melakukan pengawalan dan pendampingan terhadap kelompok tani.

“PPL bersama Babinsa kami himbau untuk selalu melakukan pengawalan dan pendampingan terhadap kelompok tani guna meningkatkan proses pertumbuhan swasembada pangan serta selalu melakukan sosialisasi terhadap masyarakat,” tandasnya.

Pada pertemuan ini, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Buana Baru, Desa Dongin, Kecamatan Toili Barat, Komang Dangin, mengatakan bahwa kelompok tani sangat senang dan menyambut baik atas kunjungan dari Tim Wasrik Cetak Sawah Itdam XIII/Merdeka.

Masyarakat, khususnya Poktan di Desa Dongin, lanjutnya, sangat berterima kasih atas kehadiran Tim Wasrik CSB untuk melihat langsung lokasi cetak sawah yang berada di wilayahnya.

“Atas nama Poktan dan masyarakat, saya menyampaikan apresiasi kepada Tim Wasrik yang telah meluangkan waktunya untuk meninjau adanya program cetak sawah yang merupakan salah satu program dari Kementrian Pertanian RI,” tuturnya.

Komang juga berharap kedepannya CSB masih tetap dilanjutkan dan digalakan di daerah Kabupaten Banggai, khususnya di Desa Dongin.

“Semoga dengan CSB ini menjadikan harapan baru dalam kehidupan sehari-hari dan menyongsong masa depan yang lebih baik,” tutupnya.(dewi)

Editor: dewi

Bagikan :