by

Hadiri Lounching Bank Sampah Di Toili, Bupati Banggai Daftar Jadi Anggota

TOILI, MPI_Bupati Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, menghadiri lounching Bank Sampah unit Madani Jaya, dihalaman Bank Sampah Unit Madani Jaya, Desa Tirta Jaya, Kecamatan Toili, Kamis (17/10).

Dengan tema “Toili Bersih; Toili Sehat Toili Hebat, Dulu Sampah Sekarang Berkah”, lounching turut dihadiri Kadis LH, Syafari Yunu; Camat Toili, Andi Rustam beserta jajarannya; Camat Moilong, Fahmi Arifudin, Kapolsek Toili, Kepala KUA Toili, Kades Tirta Jaya, Kepala BPD, Kepala BSI Banggai, Pengurus Bank Sampah Unit Madani Jaya, Kepala Unit BPD Toili, beserta masyarakat Toili.

Bupati Banggai, dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh yang hadir bahwa pemerintah daerah (pemda) sangat mendukung dan mensupport serta mengapresiasi dengan terbentuknya Bank Sampah Unit Madani Jaya.

foto: humas

Dijelaskan dengan dibentuknya bank sampah di Kecamatan Toili ini akan menjadi investasi masa depan melalui sampah. Dan dengan sendirinya mengajak masyarakat di Toili untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi.

Selanjutnya Bupati juga menekankan untuk selalu mendukung serta peduli dengan program pemda yakni program Moral Pia Na Sampah Ala (Pinasa).

Dikatakan bahwa program Pinasa adalah murni gerakan yang berawal dari keprihatinan pemerintah kepada keadaan daerah yang apabila turun hujan maka sampah-sampah berserakan di jalan-jalan utama, hingga lahirlah program gerakan moral Pinasa.

“Alhamdulillah, gerakan moral Pinasa ini telah mengharumkan nama Kabupaten Banggai dari berbagai macam penghargaan. Meraih Piala Adipura 2 kali berturut turut, Top 99 Inovasi terbaik bahkan sampai top 45 inovasi terbaik se-Indonesia. Dan insya Allah akan memasuki tahap penilaian sebagai perwakilan Indonesia dalam lomba inovasi tingkat dunia yang di selenggarakan oleh PBB,” paparnya.

Foto: humas

Di akhir sambutannya, Bupati menghimbau kepada Pemerintah Kecamatan Toili dan Kecamatan lainnya agar menindak lanjuti program pembentukan Bank Sampah Unit ini.

“Program pembentukan Bank Sampah Unit ini harus ditindaklanjuti oleh kecamatan lain. Tiap kecamatan bank sampah unit jangan cuma 1, lebih dikembangkan lagi, sebagai presentasi bahwa Pinasa itu terkenal, berakar dan menjamur diseluruh Kabupaten Banggai. Kami menghimbau agar bank sampah ini dikelola dengan baik agar menjadi berkah,” tegasnya.

Sebelum ditutupnya acara, Bupati mendaftarkan dirinya sebagai anggota yang ke 101 Bank Sampah Unit Madani Jaya dan menyumbangkan dana sebesar 2 juta Rupiah.

“Angka 101 itu apabila dijumlahkan hasilnya 2, olehnya saya menyumbangkan sebanyak dua juta rupiah, nanti maknanya diterjemahkan sendiri,” candanya sambil menutup kegiatan.(dewi)

Editor: dewi

Bagikan :

Berita Kegiatan Presiden Ir. Joko Widodo di MPI, kunjungan kerja, peresmian dan lain lain KLIK DISINI
Kegiatan Panglima TNI ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Kegiatan Kapolri ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Cara Cepat Cari Berita Ketik di Bawah Ini:

Ada Iklan Lowongan Pekerjaan, Lowongan Wartawan, Iklan Jual Mobil, Motor dan lain lain baca sekarang di IKLAN BARIS >>

Bagaimana Wajah Kinclong Daus Mini Menjelang Peernikahan ke Tiga Artis6.COM >>


News Feed