PENATAAN KOTAKU DIKELURAHAN LEMAH MEKAR

Indramayu, MPi

Program Nasional Badan Keswadayaan Masyarakat, KOTAKU yang kini dikenal dengan nama Program Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman kumuh, telah merealisasikan programnya diKelurahan Lemah Mekar, Kecamatan Indaramayu, Kabupaten Indramayu. Melalui Badan Kesejahteraan Masyarakat BKM Tri Bina Sejahtera yang dimotori oleh Bapak Walim Suprijanto SIP, Ketua BKM dan sekertaris Ibu Tairah.Telah terbentuk 3 KSM, yaitu (1). KSM Mandiri terdiri dari Wiwin Winarto, Rismanto dan Tarsilah (2). KSM Pahlawan, terdiri dari Darman, Dedi, Sucita, (3). KSM Bakti, Rusdi, Wadi, Rasmadi. Merekan mendapatkan beberapa wilayah yang telah ditentukan.Melalui musyawarah yang dilakukan warga Kelurahan Lemah Mekar, disepakatilah untuk mengusulkan kegiatan infrastruktur yaitu kegiatan pembangunan Draenase, udith dan betonisasi. Melihat kebutuhan warga masyarakat sekitar yang sangat membutuhkannya.Pekerjaan kawasan kumuh yang telah digarap mencapai 29 hektar, yang keseluruhanya mencapai 12 RW, dan yang telah dilaksanakan baru mencapai 6 RW di kelurahan Lemah Mekar, Kecamatan Indramayu.

Hal ini dikarena-kan beberapa wilayah tersebut adalah jalan yang tidak bisa dilewati oleh warga masyarakat. Kondisi jalan tersebut selama ini jalan tanah. Sehingga kalau musim hujan jalan menjadi becek sehingga susah dilewati.

Namun warga sekitar lebih memilih lewat jalan tersebut karena jalan itu jalan satu-satunya yang ada. Warga sedang membuat jalan. Serta kalau musim hujan banyak yang tergenang air dan tidak bisa dilewati.

Menindak lanjuti usulan warga tersebut anggota BKM sepakat melaksanakan di Kelurahan Lemah Mekar, sepakat untuk mengajukan kegiatan pembangunan tersebut melalui Program KOTAKU. Warga merasa berterima kasih kepada pemerintah yang memperhatikan keluhanya melalui program Kotaku untuk meningkatkan perekononiam masyarakat.

Dari hasil peninjauan lokasi tersebut Tim Fasilitator Maya Sari bersama BKM dan Warga Masyarakat mengambil kesimpulan bahwa usulan tersebut layak untuk dilaksanakan mengingat kebutuhan dari warga di lokasi tersebut. Usulan tersebut telah dimasukkan Program KOTAKU

Tokoh masyarakat yang telah mendapatkan manfaat Bapak Dede dan Warsono mengatakan Saat ini jalan tersebut sudah selesai dibangun, warga pun bisa tersenyum gembira dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, ucap mereka.(Deswin Nazamudin)

Bagikan :