Tanamkan Nilai-Nilai Budaya, Disdik Banggai Gelar Gebyar Museum Dan Permainan Rakyat

LUWUK, MPI_Dalam rangka menanamkan nilai-nilai budaya kepada generasi muda, Dinas Pendidikan (Disdik) Banggai menggelar gebyar museum dan permainan rakyat, Selasa (05/11), dihalaman Museum Daerah Banggai, Kecamatan Luwuk.



Gebyar museum dan permainan rakyat yang diresmikan oleh Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, dilaksanakan dengan berbagai macam perlombaan, di antaranya lomba lagu nasional, i terpreter, bahasa daerah, lomba gasing dan patengka.

Dalam sambutannya Mustar menyampaikan bahwa salah satu misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai adalah mewujudkan pengembangan nilai-nilai budaya kearifan lokal dan agama.

Untuk itu, ia menghimbau semua pihak untuk menjaga dan melestarikan budaya daerah dan cagar budayanya agar dapat memberikan manfaat yang besar untuk Kabupaten Banggai.

“Misalnya dengan pengembangan wisata cagar budaya, wisata bahari berbasis kearifan lokal, wisata agama dan lain lain, yang dapat memberikan keuntungan finansial kepada Kabupaten Banggai dan meningkatkan sektor ekonomi,” ungkapnya.

Ia juga menghimbau kepada orangtua murid agar selalu mengenalkan dan membiasakan anak-anak dengan budaya daerah, museum cagar budaya dan perpustakaan daerah.



“Dengan membiasakan sedari dini terkait budaya, sejarah daerah, serta cagar budaya merupakan salah satu cara kita sebagai orang tua menanamkan nilai-nilai sejarah dan budaya kepada penerus kita di masa depan,” tandasnya.(dewi)

Editor: dewi

Bagikan :