Sekda Kota Baubau Resmikan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KKBPK kesehatan Tingkat Kota Baubau

BETOAMBARI, MPI_Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Baubau, DR. Roni Muhtar, M.Pd, secara resmi kegiatan pencanangan kesatuan gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga ( KKBPK ) Kesehatan 2019, Kamis (07/11), di Kelurahan Labalawa, Kecamatan Betoambari.

Pencanangan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang merata, upaya kesehatan lingkungan di rumah dan pemukiman yang bersih, sehat dan berkualitas dalam program PKK, KKBPK dan kesehatan.

Tahun ini, kesatuan gerak PKK KKBPK kesehatan mengambil tema “kita gerakkan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju indonesia sejahtera”. Tema ini selaras dengan visi misi Pemerintahan Kota (Pemkot) Baubau, yaitu mewujudkan Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya.

Dalam sambutannya, Roni mengungkaplan bahwa terwujudnya pencanangan kesatuan gerak PKK KKBPK kesehatan yang dilakukan setiap tahun merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan keluarga dan masyarakat hidup sehat.

“Membangun keluarga yang sejahtera dapat memenuhi harapan dalam melaksanakan 10 program PKK sampai tingkat keluarga merupakan keberhasilan PKK sebagai mitra pemerintah,” ungkapnya.

Roni menambahkan pemberian obat dan alat kontrasespsi gratis bagi keluarga miskin adalah beberapa program nasional yang mendukung peningkatan pelayanan kesehatan.

Selain itu, kampanye “Dua Anak Lebih Baik” dan “Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)”, lanjutnya merupakan upaya nasional untuk menekan ancaman ledakan penduduk dan pembangunan kesehatan yang harus menjadi fokus utama kita semua.

Roni menambahkan kesatuan gerak PKK KKBPK kesehatan bukanlah kegiatan para kaum perempuan semata. Peran kaum pria justru sangat diharapkan dalam upaya pencapaian keadilan dan kesetaraan gender (KKG). Dan kegiatan ini juga semakin mengukuhkan pembagian tugas dan tangungjawab yang adil bagi laki-laki dan perempuan.

“Namun patut diingat bahwa “adil” tidaklah selalu berarti sama dan sebangun. Tetapi adil berarti bahwa pembagian peran, tugas dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan dibagi secara proporsional dengan membagi siapa melakukan apa, tanpa melanggar kodrat baik perempuan maupun laki-laki,” tuturnya.

Diakhir sambutannya, Roni mengatakan kegiatan ini rutin diselenggarakan secara nasional, dengan berbagai kegiatan dibidang Keluarga Berencana dan kesehatan.

“Setiap tahun mempunyai target jelas yang disesuaikan dengan kondisi wilayah Kota Baubau sehingga bisa bersinergi dengan kegiatan lain dan mempunyai kontribusi nyata terhadap Pembangunan Wilayah Kota,” tandasnya.(dewi)

Editor: dewi

Bagikan :