by

11 Perusahaan Asuransi Anggota FORMAKSI Tandatangani Kesepakatan Addendum Perjanjian Kerjasama (PKS) Layanan Cashless Pasien CoB BPJS Kesehatan dengan Rumah Sakit Bunda Group

Jakarta, 14 November 2019, perusahaan asuransi yang tergabung dalam Forum Asuransi Kesehatan Indonesia (FORMAKSI) kembali memperluas jaringan kerja samanya dengan melakukan penandatanganan addendum kerjasama dengan Rumah Sakit Bunda Group (RSU Bunda Jakarta, RSU Bunda Margonda, RS Citra BMC) untuk layanan cashless pasien Coordination of Benefit (CoB) BPJS Kesehatan.

Penandatanganan Addendum PKS Layanan Cashless Pasien COB BPJS Kesehatan dilakukan oleh dr. Ivan Rizal Slni, MD, FRANSCOG, GDRM, SpOG, selaku Komisaris Utama Rumah Sakit Bunda Group dengan 11 perusahaan asuransi anggota FORMAKSI;

Penandatanganan Addendum kerjasama Layanan Cashless Pasien CoB BPJS Kesehatan dengan Rumah Sakit Bunda Group ini merupakan addendum dari Kerjasama Direct Billing yang sudah berjalan sebelumnya dengan masing-masing perusahaan asuransi anggota FORMAKSI.

“FORMAKSI terus berupaya untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada peserta Polis Asuransi Kesehatan dari Perusahaan Anggota. Kerja sama antara FORMAKSI dan Rumah Sakit menjadi concern utama kami. harapan kami sampai akhir tahun ini FORMAKSI bisa menjalin kerja yang lebih banyak lagi dengan group rumah sakit sehingga peserta asuransi kami nantinya bisa terlayani dengan maksimal”, ucap Dumasi M M Samosir, Direktur Eksekutif FORMAKSI.

Kerjasama dengan 3 Rumah Sakit yang tergabung dalam RS. Bunda Group ini merupakan penandatanganan kerja sama yang kelima. Sebelumnya FORMAKSI telah menjalin kerjasama serupa dengan Hermina Group (33 rumah sakit), Premier Group (2 rumah sakit), Permata Keluarga Husada Group (2 rumah sakit), Elang Medika Corpora Group (1 rumah sakit).

Merujuk pada Ketentuan Permenkes No. 51 Tahun 2018, yang berbunyi “Peserta BPJS Kesehatan dapat meningkatkan kelas perawatan 1 (satu) tingkat lebih tinggi dari hak BPJS Kesehatannya. Pembayaran selisih biaya akibat penggunaan kelas perawatan lebih tinggi dapat dilakukan secara mandiri oleh Peserta, pemberi kerja, atau melalui Asuransi Kesehatan Tambahan”, maka FORMAKSI melakukan penandatanganan addendum kerjasama dengan Rumah Sakit guna membantu dan meningkatkan pelayanan kepada pasien peserta BPJS Kesehatan yangjuga memiliki jaminan dari AKT.

Melalui Kerjasama ini, para pasien BPJS Kesehatan yang juga memiliki Asuransi Kesehatan Tambahan mendapat kemudahan.

Jika sebelum nya pasien harus membayar terlebih dahulu selisih biaya yang terjadi jika peserta BPJS Kesehatan memilih perawatan diatas haknya (naik kelas kamar) dan masuk Rumah Sakit dengan menggunakan Jaminan BPJS Kesehatan, kini pasien bisa langsung memanfaatkan jaminan dari Asuransi Kesehatan Tambahan untuk membayar selisih harga yang timbul akibat kenaikan kelas kamar tersebut. Rumah Sakit akan Iangsung menagih ke Perusahaan Asuransi yang menerbitkan Polis AKT pasien sesuai dengan benefit limit yang dimiliki oleh pasien.

Dengan demikian, pasien akan mendapatkan layanan sesuai dengan apa yang sudah mereka bayarkan.

”Kami berharap perluasan kerjasama ini akan memberi kemudahan bagi pasien yang memiliki jaminan BPJS Kesehatan dan membeli Asuransi Kesehatan Tambahan atau AKT dari perusahaan asuransi anggota FORMAKSI. Demikian juga rumah sakit yang mendapatkan kepastian pembayaran ekses biaya perawatan pasien BPJS kesehatan yang naik kelas kamar dan memiliki Asuransi Kesehatan Tambahan.” tambah Dumasi.

Berkaitan dengan rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan, FORMAKSI turut memberikan

tanggapannya melalui Christian Wanandi, selaku Ketua Umum FORMAKSI.

“Kenaikan iuran untuk tahun depan terlalu tinggi secara prosentase, tidak sebanding

dengan medical inflation. Mekanisme pembayaran iuran peserta mandiri harus diperbaiki supaya pembayaran iuran tersebut dapat dilakukan secara rutin tiap bulan oleh seluruh peserta mandiri”, ujar Christian Wanandi.

“Pada saat ini masih banyak pembayaran yang tidak rutin sehingga menyebabkan ketidakseimbangan antara pemasukan iuran dan biaya kesehatan yang dikeluarkan. Untuk sektor formal, harapan kami kebijakan ini dapat direview kembali karena biaya kenaikan iuran sudah memberatkan employer. Atau setidaknya bisa dilakukan review claim ratio pada sektor formal” lanjut Christian.

FORMAKSI yang didirikan pada tahun 2009 merupakan suatu forum yang mewadahi perusahaan asuransi jiwa dan asuransi umum yang memasarkan produk asuransi kesehatan. Adapun ke 11 perusahaan asuransi anggota FORMAKSI yang menandatangani Addendum kerjasama hari ini adalah PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk; PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya, PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG, PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk; PT Asuransi Sinar Mas, PT Avrist Assurance, PT BNI Life Insurance, PT Equity Life Indonesia, PT Lippo General Insurance Tbk; dan PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri.

Misi FORMAKSI diantaranya adalah memberikan perlindungan kepada para Tertanggung (Peserta Asuransi Kesehatan) agar mendapatkan perlindungan yang wajar atas hak-haknya sebagai peserta asuransi kesehatan dan juga menumbuhkan hubungan timbal balik yang sehat antara asuransi dan Pemberi Pelayanan Kesehatan.

Terdapat hampir 3 juta peserta asuransi kesehatan yang saat ini terdaftar di perusahaan yang tergabung dalam FORMAKSI yang dapat menggunakan layanan ini.

Bagikan :

Berita Kegiatan Presiden Ir. Joko Widodo di MPI, kunjungan kerja, peresmian dan lain lain KLIK DISINI
Kegiatan Panglima TNI ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Kegiatan Kapolri ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Cara Cepat Cari Berita Ketik di Bawah Ini:

Ada Iklan Lowongan Pekerjaan, Lowongan Wartawan, Iklan Jual Mobil, Motor dan lain lain baca sekarang di IKLAN BARIS >>

Tentang Penulis: Admin

Gravatar Image
MediaPATRIOT.CO.ID adalah media online nasional terlengkap didirikan sejak 27 maret 2012 meliput berita nasional, regional, internasional, daerah, pendidikan, politik, sosial, budaya, konomi, hukum dan kriminal.

Bagaimana Wajah Kinclong Daus Mini Menjelang Peernikahan ke Tiga Artis6.COM >>


News Feed