oleh

Dansektor 1 Sambut Pangdam III/Siliwangi Di Bale Sawala Situ Cisanti.

Kab Bandung, MPI. Keseriusan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meneruskan estafet sebagai Wadansatgas Citarum bidang pemulihan Ekologi mulai Dibuktikan.

Mengawali tugasnya sebagai Wadansatgas Citarum bidang pemulihan Ekologi, Pangdam mengunjungi Sektor 1 dan disambut langsung Dansektor Kolonel Inf Inget Barus serta bertemu dengan satgas Citarum dan tokoh masyarakat setempat di Bale Sawala Desa Tarumajaya Kec Kertasari, Jumat (15/11).

Begitu tiba di hulu DAS Citarum, Pangdam beserta rombongan pejabat utama Kodam III/Siliwangi, berkenan melihat serta berkeliling Situ Cisanti dengan menggunakan LCR menuju Nol KM dan mata air Cikahuripan.

Turut hadir dalam kunjungan Pangdam III/Siliwangi, Dansektor Pembibitan, Dansektor 2, Dansektor 3, Dandim Cimahi Letkol Teguh Waluyo, Danramil Pacet Kertasari Kapten Aang, Camat Kertasari Dadang, Polsek Kertasari AKP Yoni, Penggiat Lingkungan serta masyarakat setempat.

Setelah dari Situ Cisanti dan mata air Cikahuripan, Pangdam III/Siliwangi mendapatkan paparan dari Dansektor I Kol Inf Inget Barus terkait Hulu sungai Citarum dan permasalahan nya.

” Sektor 1 terdiri dari 4 Desa dan dibagi menjadi 5 sub sektor, dengan panjang sungai Citarum 6.3 Km sampai perbatasan sektor 2″ Ucap Dansektor 1 mengawali paparannya.

Dansektor menyampaikan bahwa keadaan Situ Cisanti hari ini berbanding terbalik dengan kondisi awal satgas Citarum ditugaskan, kotor dan sangat tidak terawat.

Menurut Dansektor 1, hulu Citarum mempunyai 8 anak sungai yang selama dipergunakan masyarakat untuk pertanian,”selain menjaga Situ Cisanti, terkait dengan sampah satgas selalu melakukan edukasi kepada warga untuk selalu menjaga aliran sungai dari segala macam sampah, terutama sampah rumah tangga dan peternakan,”.

Setelah mendapatkan paparan dari Dansektor 1, Pangdam III/Siliwangi menekankan kepada satgas sektor 1 untuk terus menjalankan amanat Perpres no 15 tahun 2018.

Ditambahkan Pangdam,” satgas jangan sampai berhenti untuk selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama masalah sampah, tolong ditingkatkan lagi,” Pintanya.

” Dansektor sebagai pimpinan harus bisa mengatur sebaik mungkin, saya datang kemari ingin melihat secara langsung kondisi yang ada, karena pak menko Luhut ingin yang terbaik, bekerjalah sebagaimana mestinya,” Pungkas Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.
(Rie).

Bagikan :