by

Peka Kande-kandea Raih Rekor Dunia Sajian Pakakande-kandean Pertama Mengelilingi Benteng

BETOAMBARI, SULAWESIMPI.COM_Salah satu rangkaian kegiatan pada pagelaran Festival Keraton Masyarakat Adat (FKMA) Asean VI Polima, 18-21 November 2019, di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), acara Peka Kande-kandea, menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor Sajian Pakakande-kandean pertama mengelilingi benteng.

MURI yang diketuai Prof. Dr.h.c.KP Jaya Suprana memberikan penghargaan dengan nomor 9304/R.MURI/XI/2019 kepada Walikota Baubau, DR. AS. Tamrin, MH, Rabu (20/11) malam, di Lakeba Resort, Kecamatan Betoambari, melalui manajemen MURI Ryadhi Chandra dan Triyono.

Peka Kande-Kandea atau makan bersama ini menyajikan seribu talang berisikan berbagai makanan khas disepanjang Benteng Keraton Buton yang memiliki panjang mencapai 2.740 m dan luas 23.375 hektar.

Usai menerima penghargaan tersebut, kepada awak media, Walikota Baubau, DR. AS. Tamrin, MH, mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan karena Peka Kande-Kandea mendapatkan penghargaan atas rekor MURI.


“Alhamdulillah, Acara Peka Kande-Kandea mendapatkan apresiasi berupa penghargaan rekor dunia dari sebuah lembaga yang berkompeten untuk memberikan penghargaan,” ungkapnya.

Ia juga menghaturkan terima kasih kepada manajemen MURI yang telah berkenan melihat langsung dan memberikan penilaian atas kepantasan acara Peka Kande-Kandea hingga mendapatkan penghargaan tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan, rekor dunia yang diberikan pada acara Peka Kande-kandea merupakan rekor yang pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia dan dunia.

“Pemkot Baubau tidak menargetkan untuk memecahkan atau meraih rekor MURI, kita hanya mengadakan acara Pakande-kandea yang merupakan ritual budaya kita. Tapi Penghargaan ini menjadi motivasi bagi pemerintah dan masyarakat untuk kedepannya terus melestarikan budaya kita,” tegasnya.

Untuk kedepannya, lanjutnya, Pemkot Baubau tidak berniat untuk memecahkan rekor yang telah ada, namun hanya tetap melaksanakan Peka Kande-Kandea seperti biasanya.

“Rekor dunia atas sajian Peka Kande-Kandea mengelili Benteng hanya ada di Kota Baubau, karena Benteng Keraton Buton merupakan benteng terluas didunia,” tutupnya.(dewi)

Editor: dewi

Bagikan :

Berita Kegiatan Presiden Ir. Joko Widodo di MPI, kunjungan kerja, peresmian dan lain lain KLIK DISINI
Kegiatan Panglima TNI ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Kegiatan Kapolri ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Cara Cepat Cari Berita Ketik di Bawah Ini:

Ada Iklan Lowongan Pekerjaan, Lowongan Wartawan, Iklan Jual Mobil, Motor dan lain lain baca sekarang di IKLAN BARIS >>

Bagaimana Wajah Kinclong Daus Mini Menjelang Peernikahan ke Tiga Artis6.COM >>


News Feed