oleh

Sosialisasi Citarum : Dansektor 7 Fokus Pada Limbah Domestik Dan Sampah Rumah Tangga.


PENCARIAN GOOGLE:

Kab Bandung, MPI. Untuk mengurangi beban sungai Citarum oleh limbah domestik, satgas sektor 7 sampai saat ini sudah membangun 1 unit Septitank komunal dari 63 unit yang akan dibangun, dan tersebar di 14 Desa se wilayah sektor 7.

Hal itu disampaikan Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi pada saat melakukan sosialisasi lanjutan Citarum harum di Aula Balai Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kab Bandung, Selasa (3/12).

Berita Viral Hari Ini>>

Sosialisasi tahun kedua ini selain dihadiri oleh Dansektor 7, turut hadir Danramil 0909/Pameungpeuk Kapten Inf Siswanto, Kepala BPD Desa Pangauban Firmansyah serta 100 peserta yang berasal dari warga sekitar Citarum.

” Dalam rencana aksi kami satgas sektor 7, selain mengurusi dan mengawasi limbah industri, kami juga memfokuskan pada pembangunan WC Komunal, WC Perorangan apabila tidak mampu serta pipa gendong,” Ujar Dansektor 7.

” Semua dilakukan oleh satgas Citarum untuk mengurangi beban limbah domestik yang selama ini dialirkan langsung ke aliran Citarum, satu persatu saya selesaikan persoalan yang ada,” ungkapnya.

Menurut Dansektor 7, untuk rencana aksi 2019, satgas terus melakukan survey lokasi untuk pembangunan 3 unit TPS3R serta 10 WC Komunal, 1 unit sudah dibangun di Kelurahan Pasawahan, itu semua dari bantuan Kementrian PUPR.

” Ada lima dampak yang terjadi apabila aliran sungai Citarum rusak dari hulu sampai hilir, yaitu berkurangnya mata air, tahun 2009 ada 300 mata air dan 2015 tinggal 144 berkurang banyak, lalu berkurangnya debit air, terjadinya bencana banjir dan longsor, sedimentasi yang bisa mengakibatkan 3 Waduk Run Off yang akibatnya listrik padam, terakhir apabila itu terjadi maka kesejahteraan masyarakat akan rendah” ungkap Dansektor 7.

” Jadi saya selaku Dansektor 7 meminta masyarakat juga aparat Desa untuk selalu melakukan koordinasi dengan satgas Citarum, laporkan kepada kami apabila ada yang berani membuang sampah ke Citarum, nanti akan kami beri sanksi sosial sebagai efek jera, mari kita jaga bersama kebersihan lingkungan sekitar Citarum, rubahlah kebiasaan lama demi anak cucu kita nanti,” tandas Kolonel Kav Purwadi.

Dalam paparannya, Dansektor 7 lebih banyak menekankan kepada kebersamaan dalam melakukan penataan Citarum, juga lebih banyak menyoroti persoalan limbah domestik dan sampah rumah tangga.

Sementara itu Kepala Desa Pangauban yang diwakili Ketua BPD Firmansyah Lesmana S.Ip mengatakan,” program Citarum harum ini sangat fenomenal, ini program Pemerintah Pusat yang hari ini dapat kita rasakan langsung, perubahan aliran sungai Citarum sangat signifikan”.

” Walau kualitas airnya masih belum baik, tapi secara perlahan saya yakin akan kembali seperti dulu, sungai Citarum ini bukan hanya tanggung jawab TNI semata, tapi juga tanggung jawab kita semua sebagai warga setempat,” Tutur Firmansyah Lesmana.

” Hari ini kita bersyukur bisa bersama Dansektor 7 dengan semua programnya yang berpihak pada masyarakat, Insha Allah kita semua mulai dari perangkat Desa sampai masyarakat akan berkolaborasi,” Pungkasnya.

Setelah pemaparan Dansektor 7, sosialisasi Citarum harum dilanjutkan dengan tanya jawab dan pemberian bahan kontak yang langsung dilakukan oleh Kolonel Kav Purwadi kepada tiga orang perwakilan masyarakat.
(Rie).



Berita Lain KLIK DISINI >>>

PENCARIAN GOOGLE:

Layanan Iklan Ini Khusus Bagi Instansi dan Perusahaan Yang Sudah Bekerjasama dengan Media Online Nasional MediaPATRIOT.CO.ID Mau Bekerjasama Silahkan Ajukan Ke Email redaksi@mediapatriot.co.id atau ke Whatsapp Center 08999208174






Berita lain Selanjutnya >>>>>



Berita Khusus Aceh Hanya di AcehMPI.COM KLIK DISINI

Pingler.com untuk PING agar website anda cepat di index oleh google KLIK DISINI

Sedangkan berita hari ini terlengkap, terkini dan terupdate hanya di MediaPATRIOT.CO.ID/Category/Berita KLIK DISINI

Berita Umum, Berita Artis, Berita Bisnis, Berita Daerah ada di Referensi Link KLIK DISINI
. . RajaBackLink.com
Baca berita hari ini yang lainnya KLIK DISINI
LINK BERITA HUT KODAM JAYA KE 70 https://www.mediapatriot.co.id/2019/12/24/logo-banner-photo-video-dan-link-berita-hut-kodam-jaya-ke-70-berita-mpi/?preview=true&frame-nonce=490248f2ea
Berita Hari Ini Media Online Nasional Terlengkap MediaPATRIOT.CO.ID GROUP

https://www.mediapatriot.co.id


https://www.tv-mpi.com


https://www.mediapatriot.com


https://www.beritatnimpi.com


https://www.beritapolri.com


https://www.beritampi.com


https://www.chatkewa.com


https://www.backlinktermurah.com


https://www.berita2020.com


https://www.mpidomain.com


https://www.jakartampi.com


https://www.jabarmpi.com


https://www.bandungmpi.com


https://www.kotabekasinews.com


https://www.kotabekasimpi.com


https://www.ibekasi.com


https://www.indramayumpi.com


https://www.sumedangmpi.com


https://www.sukabumimpi.com


https://www.sumaterampi.com


https://www.sulawesi-news.com


https://www.sulawesimpi.com


https://www.acehmpi.com