oleh

Sinergitas TNI Dan Masyarakat, Bersihkan Anak Sungai Ciburuy Dari Sampah Dan Sedimentasi.

Bagikan :

Bandung Barat. MPI.
Salah satu penyebab meluapnya air yang menggenangi jalan raya dan pemukiman penduduk adalah tidak berfungsinya saluran air dengan baik, banyak sampah serta penumpukan sedimentasi menjadi hal yang biasa kita lihat.

Guna mengantisipasi kembalinya banjir yang melanda sebagian Kabupaten Bandung Barat, Satgas Citarum sektor 9 sub 3 menggandeng para penggiat lingkungan yang tergabung dalam Formacib (Forum Masyarakat Ciburuy) dibantu oleh relawan serta Ecovillage Laskar Mentari dan Cipeundeuy Bestari, bersihkan anak sungai Angkring di Desa Ciburuy Kec Padalarang, Minggu (12/1).

Puluhan orang langsung bergerak, hasilnya puluhan karung yang berisi sampah, rumput liar dan sedimentasi berhasil diangkat dari anak sungai Angkring sepanjang 200 meter.

Kami bekerja sama dengan satgas Citarum sektor 9 sub 3 serta para penggiat lingkungan melakukan normalisasi anak sungai Angkring sampai dengan batas Desa Ciburuy dan Desa Kertamulya.

Hal itu disampaikan Ketua Formacib Agus Solihin kepada awak media disela sela kegiatannya, sambil menunjukan batas dari anak sungai yang dibersihkan.

” Apa yang kami lakukan ini adalah untuk memberikan contoh kepada instansi terkait, karena wilayah ini apabila hujan kecil saja sudah tergenang air, apalagi hujan besar, lihat saja anak sungai ini sudah dangkal dan banyak sampah nya,” Ucap Agus Solihin.

” Kami akan terus bekerja sama dengan satgas Citarum, insha Allah kedepannya selain pembersihan anak sungai, kami juga akan melakukan penanaman bibit pohon,” tutur ketua Formacib.

Sementara itu Dansub 3 Padalarang Pelda Aris Santoso mengatakan bahwa ini adalah kerja bareng yang kesekian kalinya dengan Formacib dan masyarakat Ciburuy.

” Dansektor 9 Kolonel Inf Amir Mahmud meminta agar kami terus menerus memantau setiap anak sungai yang ada dan berpotensi mengakibatkan banjir,” Ujar Pelda Aris.

” Kejadian kemarin ketika hujan besar yang mengakibatkan banjir bandang menjadi perhatian kami, jadi satgas sub 3 hari ini dibagi dua tugasnya, ada yang disini bareng Formacib dibantu Ecovillage Laksana Mekar dan Cipeundeuy, sebagian lagi sedang melakukan edukasi kepada masyarakat tentang sampah,” Terang Dansub 3 Padalarang.

” Selesai kegiatan disini, nanti sore kami akan melakukan penyisiran di beberapa Desa yang masuk wilayah sub 3 Padalarang untuk memantau anak sungai, karena masih ada yang harus dinormalisasi”.

” Yang sudah dibersihkan kami minta warga setempat untuk terus memantaunya, sedang yang belum tersentuh kami akan melakukan pendekatan kepada aparat setempat untuk bekerja sama memperbaikinya, dan Alhamdulillah Diwilayah Sektor 9 sub 3 ini sudah ada beberapa penggiat lingkungan yang selalu siap membantu juga ikut melakukan pemantauan,” terang Pelda Aris.

” Apa yang diintruksikan Dansektor 9 bahwa kami harus selalu melibatkan warga masyarakat dalam menjalankan amanat Perpres no 15 terus dilakukan, karena menurut Dansektor bahwa keberhasilan sebuah program adalah ketika masyarakat ikut terlibat dan bahu membahu dalam menangani lingkungan setempat,” Pungkas Dansub 3 Padalarang Pelda Aris Susanto.
(Rie).


Berita lain Selanjutnya >>>>>



Berita Khusus Aceh Hanya di AcehMPI.COM KLIK DISINI

Pingler.com untuk PING agar website anda cepat di index oleh google KLIK DISINI

Sedangkan berita hari ini terlengkap, terkini dan terupdate hanya di MediaPATRIOT.CO.ID/Category/Berita KLIK DISINI

Berita Umum, Berita Artis, Berita Bisnis, Berita Daerah ada di Referensi Link KLIK DISINI
. . RajaBackLink.com
Baca berita hari ini yang lainnya KLIK DISINI
LINK BERITA HUT KODAM JAYA KE 70 https://www.mediapatriot.co.id/2019/12/24/logo-banner-photo-video-dan-link-berita-hut-kodam-jaya-ke-70-berita-mpi/?preview=true&frame-nonce=490248f2ea
Berita Hari Ini Media Online Nasional Terlengkap
Terima kasih sudah membaca berita atau artikel di atas semoga bisa menjadi ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan karena mencari ilmu itu tidak ada batasnya sampai akhir hayat. Informasi berita terkini, terupdate hari ini KLIK DISINI

Bagi yang haus akan ilmu, maka akan selalu mencari informasi lain yang bisa menambah ilmu pengetahuan karena kalau kita lebih duluan baca informasi maka kita akan punya wawasan lebih luas atau selangkah lebih maju dari yang lain. Masih banyak informasi lain yang harus kita ketahui misalnya berita TNI, berita POLRI dan berita lainnya. Untuk berita TNI yang terkini dan terupdate hari ini KLIK DISINI

Kalau berita yang komplit tentang TNI, POLRI, Reginal, Nasional dan Internasional bisa anda baca di Media Online Nasional Terlengkap di Indonesia www.mediapatriot.co.id namun jika hanya ingin mencari berita terkini, terupdate hari ini tentang POLRI KLIK DISINI

Dan bagi pemerintahan biasanya sangat butuh informasi tentang kegiatan Presiden Republik Indonesia yang saat ini dipimpin oleh Joko Widodo karena terkait dengan kebijakan atau lainnya bisa KLIK DISINI

Terima kasih sudah membaca Media Online Nasional Terlengkap di Indonesia MediaPATRIOT.CO.ID semoga bisa terjalin kerjasama baik berupa iklan atau kerjasama yang membangun sinergy maju bersama. (Redaksi)
Bagikan :