oleh

Rapat Teknis Pengendalian Inflasi, Inflasi Kabupaten Banggai 0,19 Persen


PENCARIAN GOOGLE:

BANGGAI, SULAWESI, MPI_Sekretaris Kabupaten (Sekab) Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si. Menghadiri acara Rapat Teknis Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Banggai ya g dirangkaikan dengan Grend Lounching Rilis Inflasi Kota Luwuk, Kamis (06/02), disalah satu hotrl dikawasan Kelurahan Tanjung Tuwis, Kecamatan Luwuk Selatan.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Banggai, Kajari Banggai, Wakapolres Banggai, Kasdim 1308/LB, Perwakilan BI Provinsi Sulteng, M. Abdul Majid Ikram, S.E., M.BA., Kepala BPS Sulteng, Drs. Dumangar Hutauruk, M.Si., Kepala biro perekonomian dan pembangunan Sekprov Sulteng, Rudi Dewanto, S.E., M.M., Para staf ahli dan asisten, Kepala BPS Banggai, Kadis Perindag, Kaban Bapenda, Kadispora, Kadis kominfo, Kepala perpustakaan, Kaban Kesbangpol, kabag ULP dan Staf, Kabag SDA dan Staf, Kabag humas dan staf, Kabag Umum dan Staf, Sekdis dishub, Sekdis Pol PP dan Damkar, camat Luwuk, camat Masama, camat Nuhon, Instansi Vertikal, BUMD dan BUMN, Para Perwakilan OPD dan Ketua Tim Penggerak PKK.

Berita Viral Hari Ini>>

Dalam sambutannya Abdullah menyampaikan melalui rapat ini diharapkan dapat menambah wawasan yang berkaitan dengan inflasi daerah dalam rangka mensinergikan program kerja ekonomi yang tepat sasaran, dan tujuan pembangunan adalah untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan, pertumbuhan ekonomi didaerah dapat dicapai melalui stabilitas harga barang dan jasa. Serta tercermin dalam tingkat inflasi yang rendah.

Ia menguraikan upaya pengawalan tingkat inflasi daerah dalam level yang rendah dan stabil menjadi sangat penting. Namun adanya kenyataan bahwa aktifitas kegiatan ekonomi didaerah masih dihadapkan pada berbagai persoalan mendasar.

Seperti rendahnya konektifitas dan efisiensi sistim logistik, tingginya ketergantungan produksi pangan pada faktor cuaca, serta struktur pasar terdistorsi, merupakan tantangan terbesar bagi terjaganya stabilitas harga. Akibatnya perkembangan harga didaerah sangat rentan dipengaruhi oleh faktor gejolak, disisi pasokan suplay said stock.

Menurutnya Pemkab Banggai saat ini terus mengambil langkah-langkah dalam mengintervensi kegiatan kemasyarakatan. Dan intervensi tersebut antara lain belanja alokasi dana desa agar lebih terarah dan benar dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan juga memotivasi dalam rangka sektor kesehatan, pertanian dan kelautan.

Dikatakan dengan adanya Inovasi dibeberapa sektor pelayanan publik sehingga bisa menekan angka inflasi.

Sementara itu, Kepala BPS Sulteng, Drs. Dumangar Hutauruk, M.Si. menjelaskan bahwa bulan Januari 2020 Kabupaten Banggai mengalami inflasi 0,19 persen, yang dipengaruhi oleh naiknya indeks harga yang terjadi pada kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 1.75 persen.

Diikuti oleh kelompok penyedia makanan dan minuman/restoran 1,68 persen, rekreasi, olahraga dan budaya 1,14 persen, pakaian dan alas kaki, 0,99 persen, tembakau 0,34 persen, perumahan air listrik dan bahan bakar lainnya 0,02 persen.

Sedangkan kesehatan mengalami penurunan inflasi sebesar 1,54 persen, diikuti oleh transportasi 1,44 persen, perlengkapan peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,85 persen, informasi, komunikasi dan jasa keuangan 0,17 persen, dan kelompok pendidikan pada bulan januari relatif stabil.

Sehingga secara keselurahan rata-rata Inflasi yang terjadi di Kabupaten Banggai periode Januari 2020 sebesar 0,19 persen.

“Program lesehatan dan pendidikan berhasil menahan laju inflasi. Disamping itu harus mewaspadai beberapa faktor lain yang menjadi penyebab inflasi misalnya sektor perawatan pribadi, penyedia makanan dan minuman/restoran dan lainnya. Sementara Inflasi year on year Kabupaten Banggai di angka 5,65 persen periode Januari 2019 – Januari 2020.(Ramly)

Editor: dewi

SUMBER:MediaPATRIOT.CO.ID


CONTACT US : https://www.mediapatriot.co.id/contact



Berita Lain KLIK DISINI >>>

PENCARIAN GOOGLE:

Layanan Iklan Ini Khusus Bagi Instansi dan Perusahaan Yang Sudah Bekerjasama dengan Media Online Nasional MediaPATRIOT.CO.ID Mau Bekerjasama Silahkan Ajukan Ke Email redaksi@mediapatriot.co.id atau ke Whatsapp Center 08999208174






Berita lain Selanjutnya >>>>>



Berita Khusus Aceh Hanya di AcehMPI.COM KLIK DISINI

Pingler.com untuk PING agar website anda cepat di index oleh google KLIK DISINI

Sedangkan berita hari ini terlengkap, terkini dan terupdate hanya di MediaPATRIOT.CO.ID/Category/Berita KLIK DISINI

Berita Umum, Berita Artis, Berita Bisnis, Berita Daerah ada di Referensi Link KLIK DISINI
. . RajaBackLink.com
Baca berita hari ini yang lainnya KLIK DISINI
LINK BERITA HUT KODAM JAYA KE 70 https://www.mediapatriot.co.id/2019/12/24/logo-banner-photo-video-dan-link-berita-hut-kodam-jaya-ke-70-berita-mpi/?preview=true&frame-nonce=490248f2ea
Berita Hari Ini Media Online Nasional Terlengkap MediaPATRIOT.CO.ID GROUP

https://www.mediapatriot.co.id


https://www.tv-mpi.com


https://www.mediapatriot.com


https://www.beritatnimpi.com


https://www.beritapolri.com


https://www.beritampi.com


https://www.chatkewa.com


https://www.backlinktermurah.com


https://www.berita2020.com


https://www.mpidomain.com


https://www.jakartampi.com


https://www.jabarmpi.com


https://www.bandungmpi.com


https://www.kotabekasinews.com


https://www.kotabekasimpi.com


https://www.ibekasi.com


https://www.indramayumpi.com


https://www.sumedangmpi.com


https://www.sukabumimpi.com


https://www.sumaterampi.com


https://www.sulawesi-news.com


https://www.sulawesimpi.com


https://www.acehmpi.com