oleh

HIPPMIB Bersatu-Jakarta Kutuk Keras Tindakan Kriminalisasi Sadli


PENCARIAN GOOGLE:

JAKARTA, MPI_Menyikapi kasus yang menjerat Moh. Sadli Saleh (33), seorang Jurnalis sekaligus Pemimpin Redaksi Liputanpersada.com di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra), Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia Buton (HIPPMIB) Bersatu-Jakarta menyayangkan tindakan kriminalisasi jurnalis yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buteng, dalam hal ini Bupati Samahudin.

HIPPMIB Bersatu-Jakarta menilai semestinya Bupati Buteng tidak perlu mengambil langkah emosi dan reaksioner dengan melaporkan Sadli ke polisi, dan karena itu Sadli dipenjara. Sebab, tulisan Sadli hanya mengkritisi kebijakan Pemerintah Buteng yang dianggap telah menyimpang dari perencanaan yang telah ditetapkan.

Berita Viral Hari Ini>>

Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia Buton (HIPPMIB) Bersatu-Jakarta

“Tulisan tersebut tidak sama sekali mencemarkan nama baik instansi Pemkab Buteng,” ungkap Sumardin, Ketua Umum HIPPMIB Bersatu-Jakarta, dalam siaran pers nya, Senin (17/02).

HIPPMIB Bersatu-Jakarta menegaskan yang dilakukan Sadli merupakan bagian dari fungsi wartawan yang mestinya dipahami oleh Pemkab Buteng.

“Tugas wartawan untuk mengkritisi kebijakan-kebijakan lembaga pemerintahan melalui berita-berita yang ditulisnya,” tegasnya.

Sumardin, Ketua Umum HIPPMIB Bersatu-Jakarta

Atas dasar tersebut, lanjutnya, seharusnya pemerintah tidak menjadi antikritik. Feodalisme penguasa memperlihatkan kekejamannya, penguasa menjadi tendensius terhadap bentuk kritik. Seolah kritik itu menjadi bagian dari kebencian pada pemerintah.

Dikatakan, sebagai negara penganut paham demokrasi, kritik dan saran menjadi alarm pengingat bagi pemerintah agar berjalan lebih baik. Bukan untuk dibungkam dengan kriminalisasi.

“Dalam sistem negara demokrasi, adanya kritik menandakan proses demokrasi berjalan dengan lancar. Ada check and balance. Terlebih UUD 1945 Pasal 28E menjamin kebebasan berpendapat bagi setiap rakyatnya,” tandasnya.

Untuk itu, Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia Buton Bersatu-Jakarta menyatakan, pertama mengutuk keras Bupati Buteng, Samahudin, sebagai pejabat yang anti kritik. Kedua, Bupati Buteng agar tidak menyalahgunakan kekuasaannya yang mengkiriminalisasi Sadli. Ketiga, kepada pembuat UU agar menghapus pasal-pasal karet dalam UU ITE.

Keempat, Dewan Pers selaku lembaga resmi melakukan penelaan kembali atas pelaksanaan UU Pers sebagai rujukan hukum media massa dan jurnalis.

Kelima, jika Sadli dinyatakan bersalah, maka hal ini sangat bertentangan dengan UU nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyatakan Pendapat di Muka Umum, dan UU nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.(red)

SUMBER:MediaPATRIOT.CO.ID


CONTACT US : https://www.mediapatriot.co.id/contact



Berita Lain KLIK DISINI >>>

PENCARIAN GOOGLE:

Layanan Iklan Ini Khusus Bagi Instansi dan Perusahaan Yang Sudah Bekerjasama dengan Media Online Nasional MediaPATRIOT.CO.ID Mau Bekerjasama Silahkan Ajukan Ke Email redaksi@mediapatriot.co.id atau ke Whatsapp Center 08999208174






Berita lain Selanjutnya >>>>>



Berita Khusus Aceh Hanya di AcehMPI.COM KLIK DISINI

Pingler.com untuk PING agar website anda cepat di index oleh google KLIK DISINI

Sedangkan berita hari ini terlengkap, terkini dan terupdate hanya di MediaPATRIOT.CO.ID/Category/Berita KLIK DISINI

Berita Umum, Berita Artis, Berita Bisnis, Berita Daerah ada di Referensi Link KLIK DISINI
. . RajaBackLink.com
Baca berita hari ini yang lainnya KLIK DISINI
LINK BERITA HUT KODAM JAYA KE 70 https://www.mediapatriot.co.id/2019/12/24/logo-banner-photo-video-dan-link-berita-hut-kodam-jaya-ke-70-berita-mpi/?preview=true&frame-nonce=490248f2ea
Berita Hari Ini Media Online Nasional Terlengkap MediaPATRIOT.CO.ID GROUP

https://www.mediapatriot.co.id


https://www.tv-mpi.com


https://www.mediapatriot.com


https://www.beritatnimpi.com


https://www.beritapolri.com


https://www.beritampi.com


https://www.chatkewa.com


https://www.backlinktermurah.com


https://www.berita2020.com


https://www.mpidomain.com


https://www.jakartampi.com


https://www.jabarmpi.com


https://www.bandungmpi.com


https://www.kotabekasinews.com


https://www.kotabekasimpi.com


https://www.ibekasi.com


https://www.indramayumpi.com


https://www.sumedangmpi.com


https://www.sukabumimpi.com


https://www.sumaterampi.com


https://www.sulawesi-news.com


https://www.sulawesimpi.com


https://www.acehmpi.com