oleh

Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Melaksanakan Diskusi Dampak Virus Corona Terhadap Pilkada 2020 


PENCARIAN GOOGLE:

Mediapatriot.co.id – Jakarta, 18 Maret 2020

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-Z) dan penyakit karena infeksi ini disebut COVlD-l9. Di Indonesia sejauh ini total pasien positif COVID-19 berada setidaknya di 8 provinsi. Hal ini disampaikan langsung oleh Kemenkes R1 melalui akun twitter resminya. yakni Jakarta, Jawa Barat (Kab.Bekasi, Depok, Cirebon, Purwakarta, Bandung), Banten (Kab.Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan), Jawa Tengah (Solo), Kalimantan Barat (Pontianak), Sulawesi Utara (Manado), Bali dan Yogyakarta.

Berita Viral Hari Ini>>

Dari ke 8 provinsi dan 11 kota/kabupaten yang terdampak wabah Corona, hanya 1 provinsi yang tidak mengadakan pilkada 2020, yaitu DKI Jakarta. Hampir sisanya mengadakan pilkada seperti Sulawesi Utara dengan titik rawan Corona di Kota Manado. Kemudian beberapa pilkada yang diselenggarakan di tingkat kabupaten/kota yang terkena dampak di provinsi-provinsi lainnya seperti pilkada kota Tangerang Selatan di provinsi Banten, pilkada kota Depok dj Provinsi J awa Barat, pilkada kota Denpasar di Provinsi Bali dan pilkada kabupaten Gunung Kidul di provinsi Yogyakarta.

Analisis & Rekomendasi

Melihat ondisi persebaran wabah ini akan sangat berdampak pada dalam tahapan pilkada 2020 yang saat ini sedang berlangsung. Tahapan yang akan dilaksanakan pada bulan April 2020 mendatang misalnya, yaitu proses Pencocokan dan Penelitian (COKLIT). Tahapan coklit ini akan melibatkan Petugas Pemutahiran Data Pemilih yang akan bersinggungan langsung dengan masyarakat. Hal tersebut tentunya akan terganggu dengan adanya wabah covid-19 yang penyebarannya sangat massif didaerah-daerah yang menyelenggarakan  pilkada. Terlebih lagi adanya himbauan dari pemerintah untuk meniadakan kegiatan yang memobilisasi massa.

Bukan hanya berdampak pada satu tahapan itu saja atau hanya berdampak pada partisipasi masyarakat namun sangat berdampak pada semua tahapan kedepan apabila kondisi persebaran Virus corona semakin massif. Hal tersebut yang kemudian harus diantisipasi oleh penyelengara pemilu baik KPU dan Bawaslu. Untuk memberikan penjelasan bagajmana proses dan tahapan pilkada yang sedang berlangsung.

Melihat kondisi saat ini, JPPR menganalisis dan merekomendasikan beberapa hal :

1. KPU dan Bawaslu harus segera memberikan sikap atas kondisi saat ini, jika tetap berjalan tahapan tidak akan maksimal.

2. Daerah yang melaksanakan Pilkada seperti Depok, Cianjur, Kab Bandung, Tangerang Selatan dan Kab Sukabumi segera mengambil keputusan dan langkah tindak lanjut atas kondisi penyebaran virus Corona karena sangat berdekatan dengan Ibu Kota Negara yang saat ini sudah terisolasi.

3, KPU dan Bawaslu harus segera melakukan koordinasi karena penyebaran virus Corona membuat masyarakat pemilih sangat terisolasi yg berdampak pada kualitas pilkada.

4. KPU dan Bawaslu disetiap daerah yg melaksanakan Pilkada agar segera menemukan dan menentukan upaya mitigasi atas kondisi penyebaran virus Corona tersebut.

5, KPU segera berkoordinasi dengan Pemerintah, khususnya Kementrian Kesehatan bersama dengan Gugus Tugas yang dibentuk pemerintah dalam penanggulangan bencana Covid-19. Koordinasi ini penting, untuk menentukan langkah mitigasi, untuk tahapan peiaksanaan pilkada yang sangat mungkin beririsan dengan langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Fokusnya adalah, menghindari pengumpulan orang dalam jumlah banyak, serta membatasi kegiatan di luaI rumah.

6. Bawaslu dan KPU membuat panduan teknis pelaksanaan tahapan pilkada yang saat ini sedang berjalan dan menyesuaikan dengan langkah-langkah pencegahan Covid-19.

7. KPU perlu segera memetakan daerah yang sudah terdampak Covid-19, serta segera berkoordinasi dengan KPU daerah dan pemerintah daerah, untuk mengatur pelaksanaan pilkada, yang seuai dengan langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

8. Di dalam Pasal 120 ayat (1) UU Pilkada (UU No.1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubenur, Bupati dan Walikota) disebutkan “Dalam hal sebagian atau seluruh wilayah Pemilihan terjadi kerusuhan, gangguan keamanan, bencana alam atau gangguan lainnya yang mengakibatkan sebagian tahapan penyelenggaraan Pemilihan tidak dapat dilaksanakan maka dilakukan pemilihan lanjutan.” Untuk pemilihan lanjutan ini, akan dilaksanakan dimulai dari tahap penyelenggaraan pemilihan yang terhenti.

Mengingat bencana Covid-19 adalah bencana nasional yang sudah menjadi perhatian nasional dan dunia, penting bagi KPU untuk mulai menyiapkan skenario pemilihan lanjutan, beldasarkan kajian, koordinasi dan pendekatan kepada wilayah-wilayah yang terdampak bencana Covid-19.(Irwan)

SUMBER:MediaPATRIOT.CO.ID


CONTACT US : https://www.mediapatriot.co.id/contact



Berita Lain KLIK DISINI >>>

PENCARIAN GOOGLE:

Layanan Iklan Ini Khusus Bagi Instansi dan Perusahaan Yang Sudah Bekerjasama dengan Media Online Nasional MediaPATRIOT.CO.ID Mau Bekerjasama Silahkan Ajukan Ke Email redaksi@mediapatriot.co.id atau ke Whatsapp Center 08999208174






Berita lain Selanjutnya >>>>>



Berita Khusus Aceh Hanya di AcehMPI.COM KLIK DISINI

Pingler.com untuk PING agar website anda cepat di index oleh google KLIK DISINI

Sedangkan berita hari ini terlengkap, terkini dan terupdate hanya di MediaPATRIOT.CO.ID/Category/Berita KLIK DISINI

Berita Umum, Berita Artis, Berita Bisnis, Berita Daerah ada di Referensi Link KLIK DISINI
. . RajaBackLink.com
Baca berita hari ini yang lainnya KLIK DISINI
LINK BERITA HUT KODAM JAYA KE 70 https://www.mediapatriot.co.id/2019/12/24/logo-banner-photo-video-dan-link-berita-hut-kodam-jaya-ke-70-berita-mpi/?preview=true&frame-nonce=490248f2ea
Berita Hari Ini Media Online Nasional Terlengkap MediaPATRIOT.CO.ID GROUP

https://www.mediapatriot.co.id


https://www.tv-mpi.com


https://www.mediapatriot.com


https://www.beritatnimpi.com


https://www.beritapolri.com


https://www.beritampi.com


https://www.chatkewa.com


https://www.backlinktermurah.com


https://www.berita2020.com


https://www.mpidomain.com


https://www.jakartampi.com


https://www.jabarmpi.com


https://www.bandungmpi.com


https://www.kotabekasinews.com


https://www.kotabekasimpi.com


https://www.ibekasi.com


https://www.indramayumpi.com


https://www.sumedangmpi.com


https://www.sukabumimpi.com


https://www.sumaterampi.com


https://www.sulawesi-news.com


https://www.sulawesimpi.com


https://www.acehmpi.com