oleh

Bahas Anggaran Covid-19, Bupati Banggai Paparkan Sejumlah Rencana Dan Strategi Melalui Video Conference Bersama DPRD


PENCARIAN GOOGLE:

BANGGAI, SULAWESI, MPI_Dalam rangka membahas anggaran terkait penanganan dan pencegahan virus Covid-19, Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim, M.M. didampingi Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, dan Sekretaris Daerah Banggai, Ir. Abdullah, M.Si. menggelar rapat melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (02/03), dilingkungan kerja masing-masing.

Rapat ini diikuti Kepala Bappeda, Kaban Keuangan, Kepala BPBD, Kepala Kesbangpol, Kadis Kesehatan, Ketua DPRD Banggai, Komisi I, II dan III DPRD Banggai.

Berita Viral Hari Ini>>

Pada kesempatan ini, Herwin memaparkan rencana dan strategi pemerintah daerah kepada legislatif terkait penanganan dan pencegahan virus Covid-19 di Kabupaten Banggai.

Herwin memaparkan sejumlah rencana telah dilakukan, diantaranya, (1) membentuk Tim Gugus Tugas Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 sejak tanggal 16 Maret 2020.

(2) Memastikan Badan Rumah Sakit Umum Daerah (BRSUD) Luwuk dan sarana prasarananya dapat menunjang penanggulangan Covid-19.

(3) Mengirim 3 tenaga kesehatan (Dokter) ke Jakarta untuk diberikan pembelajaran tentang penaganan dan pencegahan Covid-19.

(4) Membuat ruang isolasi Di BRSUD Luwuk dan mengadakan segala sarana dan prasarananya.

(5) Memesan APD pada tanggal 16 Maret 2020. Akan tetapi terjadi kelangkaan sehingga APD sulit didapatkan. Dengan perhitungan sampainya APD dimaksud ke Kabupaten Banggai membutuhkan waktu sekitar 3 minggu.

(6) Menghimbau kepada perusahaan besar di Kabupaten Banggai untuk mengadakan APD dan sejenisnya guna penanggulangan Covid-19.

(7) Rumah Zakat membantu Hand Sinitizer, nakanan dan minuman untuk tenaga kesehatan di BRSUD Luwuk.

(8) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai telah mengeksersise anggaran perjalanan dinas antara 10 hingga 15 persen.

(9) Pemkab Banggai telah merencanakan stimulus ketahanan pangan. Akan tetapi belum dilakukan karena perlu duduk bersama legislatif untuk membahas lebih lanjut terkait perencanaan tersebut.

(10) Pemkab Banggai menginstruksikan kepada seluruh jajaran Camat untuk melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap masyarakat yang keluar dan masuk diwilayah Kecamatan.

(11) Pemkab Banggai mengeluarkan rurat edaran untuk nenutup daerah perbatasan, yaitu daerah Kecamatan Nuhon yang berbatasan dengan Kabupaten Tojo Una-Una dan Kecamatan Toili Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Morowali Utara.

(12) Pemkab Banggai melakukan penyemprotan disinfektan untuk beberapa wilayah dalam Kota luwuk dan beberapa kecamatan lainnya.

(13) Pemkab Banggai membuat Bilik Sterilisasi dan meletakkannya di Bandara Udara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk, Pelabuhan Luwuk, pelabuhan Penyebrangan Pagimana dan melakukan pemantauan dengan ketat di 3 pintu masuk tersebut.

(14) Pemkab Banggai menginstruksikan kepada seluruh OPD dan jantor swasta untuk membuat tempat cuci tangan di pintu masuk kantor.

(15) Pemkab Banggai menggelar Pasar Murah Mobile bekerja sama dengan Bulog, Satgas Pangan Kepolisian dan TIM TPID yang didistribusikan langsung ke Kelurahan dan Desa.

(16) Pemkab Banggai melakukan operasi pasar, mengecek dan menekan harga pasar dengan melakukan Pasar Murah dibeberapa titik dalam Kota luwuk, serta memantau dan mengevaluasi harga pangan dipasaran.

(17) Pemkab Banggai menghimbau dan mensosialisasikan dengan masif kepada masyarakat terkait himbauan Pia Na Kintal Suani, yaitu menanam Bawang Rica tomat dipekarangan rumah masing-masing untuk antisipasi dampak Covid-19 yang meluas.

(18) Pemkab Banggai bekerja sama dengan TNI-Polri untuk nenjaga sembako keluar daerah dengan menjaga perbatasan dan menahan bahan pangan yang keluar daerah.

(19) Pemkab Banggai melalui Dinas TPHP dan Dinas Ketahanan Pangan mengadakan bibit-bibit produktif yang akan dibagikan kepada masyarakat sebagai tindak lanjut dari program Pia Na Kintal Suani.

(20) Pemkab Banggai telah bersurat kepada perbankan dan perusahaan pembiayaan untuk meminta agar kredit masyarakat jangan dikejar, diberi kelonggaran dan dispensasi, serta menghimbau pihak pembiayaan untuk tidak mengambil paksa kendaraan bermotor masyarakat yang menunggak angsurannya sesuai dengan statement Presiden RI.

(21) Sesuai hasil rapat Komisi II dan Kemendagri bahwa Pilkada ditunda pelaksanaannya. Untuk itu, Pemkab Banggai akan merevisi MoU Dana Hibah Pilkada. Dan akan nembahasnya bersama DPRD untuk direlokasi ke kegiatan penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Selain hal-hal tersebut, juga ada beberapa program lainnya yang telah dilaksanakan oleh pemerintah,” paparnya.

Lebih lanjut Herwin mengatakan bahwa Pemkab Banggai berharap DPRD Banggai untuk mensupport dan memberikan masukan terkait langkah-langkah strategis lainnya yang dibutuhkan dalam rangka penanganan Covid-19 ini agar lebih terstruktur dan sistematis.

Herwin menegaskan bahwa para kepala daerah nemang dimandatkan oleh Instruksi Presiden untuk mengambil langkah relokasi anggaran.

Namun, hal tersebut harus terlebih dahulu dibahas bersama antara pemerintah dan DPRD sehingga kebijakan penanganan Covid-19 yang diambil Pemkab Banggai merupakan kebijakan bersama.

“Kebijakan tersebut haruslah menjadi kebijakan bersama antara eksekutif dan legislatif dan kita pertanggungjawabkan bersama,” tandasnya.

Menanggapi pemaparan tersebut, Ketua DPRD Banggai, Suprapto, menyampaikan usulan kepada Pemkab Banggai agar segera melakukan refocusing dan pergeseran anggaran penanggulangan Covid-19.

“Kami mengusulkan agar Pemkab Banggai segera melakukan refocusing dan pergeseran anggaran penanggulangan Covid-19. Sehingga nantinya DPRD bersama Tim Tekhnis Pemerintah akan membahas rincian kegiatannya,” pungkasnya.(dewi)



Berita Lain KLIK DISINI >>>

PENCARIAN GOOGLE:

Layanan Iklan Ini Khusus Bagi Instansi dan Perusahaan Yang Sudah Bekerjasama dengan Media Online Nasional MediaPATRIOT.CO.ID Mau Bekerjasama Silahkan Ajukan Ke Email redaksi@mediapatriot.co.id atau ke Whatsapp Center 08999208174






Berita lain Selanjutnya >>>>>



Berita Khusus Aceh Hanya di AcehMPI.COM KLIK DISINI

Pingler.com untuk PING agar website anda cepat di index oleh google KLIK DISINI

Sedangkan berita hari ini terlengkap, terkini dan terupdate hanya di MediaPATRIOT.CO.ID/Category/Berita KLIK DISINI

Berita Umum, Berita Artis, Berita Bisnis, Berita Daerah ada di Referensi Link KLIK DISINI
. . RajaBackLink.com
Baca berita hari ini yang lainnya KLIK DISINI
LINK BERITA HUT KODAM JAYA KE 70 https://www.mediapatriot.co.id/2019/12/24/logo-banner-photo-video-dan-link-berita-hut-kodam-jaya-ke-70-berita-mpi/?preview=true&frame-nonce=490248f2ea
Berita Hari Ini Media Online Nasional Terlengkap MediaPATRIOT.CO.ID GROUP

https://www.mediapatriot.co.id


https://www.tv-mpi.com


https://www.mediapatriot.com


https://www.beritatnimpi.com


https://www.beritapolri.com


https://www.beritampi.com


https://www.chatkewa.com


https://www.backlinktermurah.com


https://www.berita2020.com


https://www.mpidomain.com


https://www.jakartampi.com


https://www.jabarmpi.com


https://www.bandungmpi.com


https://www.kotabekasinews.com


https://www.kotabekasimpi.com


https://www.ibekasi.com


https://www.indramayumpi.com


https://www.sumedangmpi.com


https://www.sukabumimpi.com


https://www.sumaterampi.com


https://www.sulawesi-news.com


https://www.sulawesimpi.com


https://www.acehmpi.com


Komentar

News Feed