oleh

Bappedalitbang Banggai Gelar Forum Sinkronisasi Penyesuaian Tema RKPD Dan Prioritas Daerah Kabupaten Banggai Tahun 2021


PENCARIAN GOOGLE:

BANGGAI, SULAWESI, MPI_Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai, melalui Bappedalitbang Banggai menggelar Forum Sinkronisasi Penyesuaian Tema RKPD Dan Prioritas Daerah Kabupaten Banggai Tahun 2021, Rabu (24/06), di ruang Pahangkabotan, kantor Bappedalitbang Banggai, kompleks perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan.

Forum yang dibuka langsung oleh Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim, M.M. ini dihadiri Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, M.Pd.I.; Ketua DPRD Banggai, Suprapto N; Rektor Universitas Tompotika Luwuk, Musdar M. Amin, S.E, M.Si.; Kepala BPS Banggai, Ir. Muhammad Said, M.Si.; unsur DPRD, akademisi, perangkat daerah dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim, M.M. menyampaikan pandemi Covid-19 banyak berpengaruh pada prioritas pembangunan daerah, yakni memprioritaskan program dan kegiatan yang mendorong recovery pasca pandemi Covid-19.

Herwin menegaskan hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pencapaian visi dan misi Pemkab Banggai masa bakti 2016-2021.

Lebih lanjut Herwin mengatakan terkait tema dan prioritas pembangunan tahun 2021, pemerintah pusat juga telah melakukan perubahan terhadap tema RKP dan prioritas Pembangunan Nasional tahun 2021 guna mengantisipasi atas dampak pandemi Covid-19.

Mendasari perubahan tema RKP tersebut, lanjutnya, Pemkab Banggai juga melakukan penyesuaian terhadap tema RKPD tahun 2021 dengan fokus pada bidang ekonomi, sosial kemasyarakatan dan hal-hal yang terkait dengan penguatan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19, agar terjadi keselarasan dan sinkronisasi antara arah kebijakan pembangunan nasional, provinsi, dan daerah.

Herwin menuturkan prioritas pembangunan daerah adalah pembangunan manusia berkualitas dan pengentasan kemiskinan.

Ia berharap forum sinkronisasi dapat menyepakati perubahan tema RKPD dan prioritas pembangunan Kabupaten Banggai Tahun 2021 yang terintegrasi dengan RKPD nasional dan provinsi. Dan tersusunnya program dan kegiatan strategis serta target dan lokasi kegiatan.

“Perlu kita mengingat komitmen kita dalam membangun daerah, yakni karena keikhlasan kepada daerah dan rakyat semata. Saya ingin menegaskan, agar teman-teman yang punya ASN, yang punya anak-buah dibawah, kembali diingatkan langkah-langkah profesionalisme mereka, sifat-sifat sebagai ASN yang professional,” tandasnya.

Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, M.Pd.I. menambahkan bahwa ada dua hal yang menjadi stressing untuk sinkronisasi tahun ke-5 kepemimpinan Winstar terkait dengan Covid-19. Yakni Pengembangan ekonomi yang berbasis potensi wilayah dan program Baritopis.

Ia memaparkan disektor pangan misalnya masih tetap stabil, survive, dan surplus. Ini patut disyukuri, dijaga dan dipertahankan.

“Bila jebol ketahanan pangan kita, maka garis kemiskinan kita menurut BPS juga langsung jeblok, Ini yang harus dijaga. Dinas yang menangani ini harus bekerja keras. Karena sektor ini sangat mempengaruhi tingkat inflasi. Begitu ini jeblok maka inflasi kita tidak terkendali dan bisa menyebabkan kenaikan angka kemiskinan. Sedangkan indikator keberhasilan pembangunan adalah terjadinya peningkatan kesejahteraan dan penurunan angka kemiskinan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Banggai, Ramli Tongko, S.Sos, S.T, M.Si. mengatakan tema dan prioritas daerah sebelumnya sudah ditetapkan melalui Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Musrembang).

Namun, dimarenakan adanya perubahan kebijakan pemerintah pusat dan provinsi, maka pemerintah daerah otomatis harus melakukan penyesuaian dan perubahan.

“Tema dan prioritas daerah ditetapkan melalui forum yang resmi. Maka perubahannya juga harus dilakukan melalui forum resmi. Untuk itu digelar Forum Sinkronisasi untuk Perubahan Tema dan Prioritas Daerah ini. Walaupun forum ini tidak setara dengan forum Musrenbang, tapi paling tidak menghadirkan seluruh pemangku kepentingan dan hasilnya disepakati oleh seluruh pemangku kepentingan,” tutupnya.

Forum sinkronisasi yang juga diikuti oleh para Camat, Sekretaris Dinas dan seluruh Kasubag Perencanaan secara virtual ini ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Hasil Mapping/Pemetaan Program, Kegiatan, Sub Kegiatan dan Indikator Kinerja berdasarkan Permendagri No. 90 Tahun 2019.(dewi)



Berita Lain KLIK DISINI >>>

PENCARIAN GOOGLE:

Layanan Iklan Ini Khusus Bagi Instansi dan Perusahaan Yang Sudah Bekerjasama dengan Media Online Nasional MediaPATRIOT.CO.ID Mau Bekerjasama Silahkan Ajukan Ke Email redaksi@mediapatriot.co.id atau ke Whatsapp Center 08999208174






Berita lain Selanjutnya >>>>>



Berita Khusus Aceh Hanya di AcehMPI.COM KLIK DISINI

Pingler.com untuk PING agar website anda cepat di index oleh google KLIK DISINI

Sedangkan berita hari ini terlengkap, terkini dan terupdate hanya di MediaPATRIOT.CO.ID/Category/Berita KLIK DISINI

Berita Umum, Berita Artis, Berita Bisnis, Berita Daerah ada di Referensi Link KLIK DISINI
. . RajaBackLink.com
Baca berita hari ini yang lainnya KLIK DISINI
LINK BERITA HUT KODAM JAYA KE 70 https://www.mediapatriot.co.id/2019/12/24/logo-banner-photo-video-dan-link-berita-hut-kodam-jaya-ke-70-berita-mpi/?preview=true&frame-nonce=490248f2ea
Berita Hari Ini Media Online Nasional Terlengkap MediaPATRIOT.CO.ID GROUP

https://www.mediapatriot.co.id


https://www.tv-mpi.com


https://www.mediapatriot.com


https://www.beritatnimpi.com


https://www.beritapolri.com


https://www.beritampi.com


https://www.chatkewa.com


https://www.backlinktermurah.com


https://www.berita2020.com


https://www.mpidomain.com


https://www.jakartampi.com


https://www.jabarmpi.com


https://www.bandungmpi.com


https://www.kotabekasinews.com


https://www.kotabekasimpi.com


https://www.ibekasi.com


https://www.indramayumpi.com


https://www.sumedangmpi.com


https://www.sukabumimpi.com


https://www.sumaterampi.com


https://www.sulawesi-news.com


https://www.sulawesimpi.com


https://www.acehmpi.com


Komentar

News Feed