oleh

Percepatan Penanggulangan Covid-19. 500 Warga Cimuning Bakal Lakukan Tes Swab Bergilir

Kota Bekasi, MPI
Tingginya jumlah kasus penyebaran virus Covid-19 yang terjadi belum lama ini di wilayah Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi segera melakukan langkah-langkah percepatan penanggulangan Covid-19. Salah satunya melalui tes Swab yang akan menyasar 500 warga yang tersebar di 26 RW secara bergilir.

Menurut penjelasan Lurah Cimuning Muhammad Martam, pelaksanaan tes Swab ini akan dilakukan mulai Sabtu (24/10). Pelaksanaannya akan dilakukan para petugas medis dari UPTD Puskesmas Cimuning yang dibantu oleh aparatur kelurahan setempat bersama unsur Tiga Pilar dari TNI dan kepolisian.

Sebagai langkah awal, pihaknya sudah mengundang para pengurus RW yang ada di wilayah Kelurahan Cimuning untuk mendata warga yang akan mengikuti tes Swab ini. “Para ketua RW yang akan menentukan siapa saja warganya yang mengikuti Swab, diutamakan yang terdekat dengan warga yang sebelumnya positif terpapar Covid-19,” ungkapnya.

Pelaksanaan tes Swab hari pertama ini dilakukan di lingkungan RW 12, RW 13, 17, dan RW 22. “Dengan target total 135 peserta untuk empat RW ini,” ulasnya.

Martam menambahkan pelaksanaan tes Swab akan dilakukan secara bergilir di tiap lingkungan RW selama satu pekan. “Kami sudah mensosialisasikan rencana kegiatan tes Swab ini kepada seluruh kalangan masyarakat, termasuk kepada kalangan ibu-ibu dari pengurus PKK, mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat Pokja di lingkungan RW,” paparnya.

Martam mengakui masih ada saja warga yang khawatir atau takut saat akam dilakukan tes Swab. “Sebenarnya warga tidak perlu khawatir karena justru akan menurunkan imun atau daya tahan tubuh kita, dibawa enjoy aja atau mrlakukan kegiatan positif misalnya dengan berolah raga, yang penting kita tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan gerakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tegasnya.

Martam lalu berharap kegiatan tes Swab ini berjalan sukses, tertib dan lancar, demi memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. “Semoga masyarakat Cimuning senantiasa dalam keadaan sehat, dan tidak lalai dalam menerapkan disiplin hidup bersih dan sehat,” pungkasnya. (Mul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed