Tingkatkan Pencapaian Pertumbuhan Ekonomi, Disperindag Sulteng Gelar Sosialisasi Forum Koordinasi Fasilitasi Ekspor (Berita MPI)

BANGGAI, MPI_Dalam rangka meningkatkan pencapaian pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat, khususnya di bidang perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar sosialisasi Forum Koordinasi Fasilitasi Ekspor, Kamis (19/11).

Sosialisasi yang dibuka oleh PLH Bupati Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si., mengusung tema Program Pengembangan dan Pengamanan Perdagangan Luar Negeri, bekerja sama dengan Disperindag Provinsi Banggai.

Digelar di salah satu hotel di kawasan Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk, sosialisasi ini turut dihadiri Direktur Umum Bank Sulteng, Rahmat Abdul Haris; Kadis Perindag Sulteng, Kadis Perindag Banggai, Direktur PT Winarapan, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan BEA dan Cukai Luwuk, serta para pelaku usaha/eksportir.

Pada kesempatan ini, Abdullah menyampaikan berdasarkan data dari pusat karantina ikan, produk perikanan Kabupaten Banggai telah di ekspor ke beberapa negara, diantaranya Australia, Malta, USA, Prancis, Yunani, Thailand, Vietnam, Korea dan Hongkong, melalui jalur laut.

Lebih lanjut dikatakan, Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim, M.M., sangat mengapresiasi keberanian yang baik ini, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai akan memberikan dukungan penuh atas upaya peningkatan ekspor sektor komoditi unggulan Kabupaten Banggai dengan memfasilitasi sarana prasarana peningkatan produksi dan mutu komoditi melalui pemberdayaan usaha perdagangan keluar negeri, sehingga ekspor komoditi unggulan tersebut akan terus meningkat.

Ia menegaskan dalam upaya peningkatan pencapaian sasaran pertumbuhan perluasan ekonomi dan peningkatan kesejahtraan rakyat, khususnya pada sektor perdagangan, Pemerintah akan terus memperhatikan lagkah-langkah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti kerja sama pasar ekspor dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, konektivitas antar stakeholder dalam meningkatkan kuantitas ekspor, serta memperluas akses pasar internasional.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para pelaku bisnis di Kabupaten Banggai akan semakin mengembangkan dan memperluas akses pasar yang dimiliki, terutama akses untuk melakukan ekspor ke mancanegara,” pungkasnya.(Dewi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed