oleh

Cegah Penyebaran Corona, Satgas Covid-19 Tosel Periksa 104 Penumpang KMP Tanjung Api

BANGGAI KEPULAUAN, MPI_Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona, Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Totikum Selatan (Tosel), Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) gelar pemeriksaan dan pendataan penumpang KMP Tanjung Api, Jumat (27/11).

KMP Tanjung Api berlabuh di Pelabuhan Feri Desa Boniton, Sub Desa Tonuson, Kecamatan Tosel, setelah berlayar dari Pelabuhan Rakyat Banggai, Kabupaten Banggai Laut (Balut).

Giat yang dipimpin langsung Ketua Satgas, Apriyanto, Pamolango, S.STP, dengan melakukan pemeriksaan scane suhu tubuh dan pendataan riwayat perjalanan terhadap para penumpang.

Kepada awak media ini, Aprianto mengungkapkan tindakan atau upaya Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Bangkep harus benar-benar serius dan tegas, apalagi dengan adanya jalur masuk transportasi laut melalui Pelabuhan Feri yang ada di Desa Boniton, Sub Desa Tonuson, yang beroperasi dua kali dalam seminggu.

“Masa Pandemi Covid-19 ini semakin bertambah dan berkembang di Kabupaten Bangkep. Walaupun sudah ada juga yang sembuh, tetapi kita jangan lengah dan kendor. Salah satu upaya pencegahan dengan melakukan pemeriksaan dan pendataan penumpang kapal yang tiba disini,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan dalam pemeriksaan yang dilakukan Satgas juga mengalami sedikit kewalahan karena masih kurangnya kesadaran masyarakat akan protokoler kesehatan (prokes).

Selain itu, Satgas juga belum maksimal melakukan upaya Penanganan dan Pencegahan Covid-19 dikarenakan kurangnya fasilitas/sarana yang digunakan pada proses srecing dan pendataan.

Diantaranya tidak adanya tempat cuci tangan, pengeras suara, tenda untuk berteduh para penumpang, kursi dan meja untuk pendataan oleh Tim Medis.

“Kami menghimbau kepada setiap masyarakat untuk disiplin dalam menjalankan prokes di setiap aktifitasnya. Itu semua demi kebaikan bersama. Kami juga berharap bantuan dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkep dalam upaya yang semaksimal mungkin untuk penambahan beberapa fasilitas di Pelabuhan Feri Boniton,” tandasnya.

Pemeriksaan dan pendataan ini turut dihadiri Kapolsek Totikum, IPDA Rudi bersama 1 orang anggota Provost; Babinsa/Danpos Totikum Koramil 1308-10/Salakan, Serma J. Ferry; Kasie Trantib Kecamatan Tosel, H. Nardin A. Djakaya, S.H., bersama 4 orang anggotanya; Kepala UPT Puskesmas Kanali, Iriawan Talib, S.KM., bersama 6 orang anggota Tim Medis.(Dewi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed