Festival Kampung Berseri Astra & Desa Sejahtera Astra, Desa Berinovasi Siap Majukan Indonesia

JAKARTA-MPI, Pandemi COVID-19 tidak hanya memengaruhi berbagai sektor usaha di Indonesia, tetapi juga berdampak terhadap jumlah tenaga kerja dan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia. Menurut data yang dipublikasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2020, dari jumlah angkatan kerja di Indonesia mencapai 138,22 juta orang, sebanyak 9,77 juta orang adalah pengangguran.
Jika dibandingkan dengan posisi Agustus 2019 yang mencapai 7,10 juta orang, jumlah pengangguran pada Agustus 2020 meningkat 37,61%. “Melalui program KBA dan DSA, Astra dapat meningkatkan tenaga kerja baru lebih dari 11.000 orang, dan meningkatkan pendapatan masyarakat yang terlibat lebih dari 36%. Pencapaian tersebut merupakan kolaborasi hebat antara pemerintah, swasta, universitas, dan stakeholders lainnya, dan tak kalah penting adalah tokoh penggerak wilayah masing- masing,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.
Peningkatan jumlah tenaga kerja baru tersebut diharapkan dapat berkontribusi membantu mengurangi jumlah pengangguran di seluruh Indonesia. Astra melalui program kontribusi sosial berkelanjutan, yakni Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA), senantiasa melakukan pengembangan masyarakat di pedesaan untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Hingga saat ini Astra telah membina 116 KBA dan 755 DSA di 34 Provinsi Indonesia.
KBA merupakan suatu daerah dengan lingkungan bersih, hijau dan dihuni oleh masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif. Hal tersebut mencerminkan empat pilar kontribusi sosial Astra berkelanjutan yakni kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan lingkungan yang dapat menjadikan kampung tersebut menjadi wilayah mandiri. Pada tahun 2018, Grup Astra bersama Yayasan Astra melengkapi program KBA dengan program DSA. Program ini lebih memfokuskan pada pengembangan ekonomi desa. Dengan berupaya memberikan nilai tambah, melalui pelatihan, pendampingan, bantuan prasarana, permodalan, dan pencarian offtaker pada produk unggulan kawasan pedesaan.

KBANOVATION 2020 Bertepatan dengan Hari Kerelawanan yang jatuh pada hari ini (5/12) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (20/12) Astra menginisiasi Festival KBA & DSA secara virtual dengan tema Desa Berinovasi, Siap Majukan Indonesia. Festival tersebut dihadiri Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa PDTT RI Samsul Widodo, penerima Apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2020 kategori kelompok Muhammad Aria Yusuf serta Co Founder & CCPO Du Anyam Hanna Keraf. Sebagai bentuk apresiasi tertinggi bagi kampung, desa dan kader penggerak KBA dan DSA binaan, Astra mengumumkan KBA dan DSA terbaik di tahun ini melalui KBANNOVATION kepada tiap-tiap kategori sebagai berikut:
Pemenang Kategori KBA:
1. KBA Kemuning Binaan koordinator wilayah Yogyakana
2. KBA Kambitin Raya Binaan PT. Pamapersada Nusanlara Distrik Adaro
3. KBA Pekayon Bekasi
Pemenang Kategori DSA:
1. DSA Ketapan Rama, Jawa Timut
2. DSA Patok Picis, Jawa Timur
3. DSA Buru Maluku, Maluku
Pemenang Kategori Duta KBA/DSA:
1. Deden Syarif Hidayat KBA Ecovillage Cidadap Binaan Astra Honda Motor
2. Ashati Sarmedi KBA Laliko Polewali Mandar
3. Eman Suherman DSA Banjaran Jawa Barat
Penghargaan Kategori Khusus: Peningkatan Penjualan Tercepat dan Bertahan di Tengah Pandemi COVID-19:
1. DSA Sambik Elen, Lombok Ulara
Penghargaan Kategori Khusus: Inovasi Produk Unggulan Terbaik:
1. DSA Purwabakti, Bogor Jawa Barat
Apresiasi kepada kampung, desa dan tokoh penggerak program KBA dan DSA seialan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.
Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kesebelas dan telah mengapresiasi 397 anak muda, yang terdiri dari 70 penerima tingkat nasional dan 327 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 116 Kampung Berseri Astra dan 755 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@SATU_Indonesia), YouTube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu) dan Twitter (@SATU_Indonesia).


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan