Hadiri Hakordia Secara Virtual, Presiden RI Dan KPK Ingatkan Pencegahan Korupsi

Bekasi, MPI – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengikuti peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020 melalui virtual Zoom webinar di Gate 19 Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi. Rabu, (16/12/2020).

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia dipusatkan di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta yang dihadiri Presiden Joko Widodo, Pimpinan DPR-MPR RI, para Menteri Koordinator dan Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan KPK, Ketua KPK, Komisioner KPK, Dewan Pengawas KPK, hingga para Penggiat Antikorupsi. Selain itu, para Kepala Daerah di Indonesia mengikutinya secara virtual. Sementara di Kota Bekasi,  diikuti oleh Sekda Kota Bekasi Reny Hendrawati, Staf Ahli Wali Kota Bekasi Bidang Keuangan dan SDM Dwie Andyarini, para kepala OPD dan para Kepala Bagian.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan pentingnya pencegahan korupsi dan berharap semua lembaga pemerintah mampu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas sehingga menutup peluang korupsi. Hal itu dapat dimulai dari pendidikan antikorupsi dan membangun sistem antikorupsi yang terus diperluas. Melakukan reformasi perizinan dan pelayanan publik untuk memperkecil tindakan korupsi. Diantaranya sektor-sektor yang menjadi perhatian yang mempengaruhi sistem berusaha terutama pada sektor UMKM.

lebih lanjut dikatakan Jokowi, regulasi yang tumpang tindih dan rumit agar dipangkas dan disederhanakan melalui penggunaan aplikasi digital, seperti e-budgeting, e-procurement, dan e-planning. Presiden Joko Widodo meyakini sikap profesionalitas petugas hukum dalam penindakan dan pencegahan antikorupsi yang diarahkan terhadap tata kelola dan pencegahan korupsi perlu adanya konsistensi dan kebersamaan yang luar biasa serta memerlukan beragam inovasi yang sistematis. Selain itu perlu juga tindakan yang adil dalam menindak pelaku kejahatan korupsi. “Membangun sistem dari hulu hingga hilir juga lebih efektif memberantas korupsi, memberantas kemiskinan dan pengangguran,” ujar Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Desember bermula dari konvensi PBB melawan korupsi. Tema peringatan Hakordia di tahun 2020 ini adalah  Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi. Visi KPK pada 2019-2023 bersama masyarakat menurunkan korupsi untuk mewujudkan Indonesia maju.

Melalui Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia, Firli Bahuri juga mengajak masyarakat untuk membangun kesadaran penuh segenap anak bangsa dan kerelaan dari seluruh elemen bangsa bahwa korupsi dijadikan bahaya laten yang dapat mengganggu tujuan negara RI.

“Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” jelas Ketua KPK Firli Bahuri.

 

Editor : Hamdanil Asykar


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan