ANEV Desk Pilkada 2020, Jumlah Pemilih di Kabupaten Banggai Mencapai 81 Persen (Berita MPI)

BANGGAI, MPI_Kabupaten Banggai telah melakukan perhitungan hasil pemilihan keplaa daerah (pilkada) serentak Banggai tahun 2020 pada 23 kecamatan yang diikuti oleh 3 pasangan calon (paslon) Bupati/Wakil Bupati.

Yakni Paslon nomor urut 1, Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu (HATIMU) dengan presentasi total suara sebanyak 24,36 persen; Paslon nomor urut dua, Amir Tamoreka-Furqanuddin Masulili (AT-FM) dengan raihan suara sebesar 43,69 persen, dan Paslon nomor tiga, Herwin Yatim-Mustar Labolo (Winstar), dengan jumlah perolehan suara sebesar 31,95 persen.

Berdasarkan pesentasi jumlah total keseluruhan perolehan suara diketahui nilai partisipasi pemilih di Kabupaten Banggai mencapai 81 persen atau 205.319 ribu pemilih, atau tiga persen lebih tinggi dari standar nasional.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si. mewakili Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim, M.M. dalam giat Analisis dan Evaluasi (ANEV) Kondisi Poldagri di Daerah (Desk Pilkada) 2020, Jumat (18/12), yang digelar oleh Kemendagri RI Ditjen Politik Dan Pemerintahan Umum.

“Jumlah partisipasi pemilih di Kabupaten Banggai mencapai 81 persen atau 205.319 ribu pemilih, atau tiga persen lebih tinggi dari standar nasional,” ungkapnya.

Anev Desk Pilkada 2020 yang dipimpin langsung oleh Dirjen Politik Dan PUM, Dr. Drs. Bahtiar., M.Si. ini dihadiri oleh seluruh Gubernur dan Walikota/Bupati se-Indonesia secara virtual.

Selain tingginya jumlah partisipasi pemilih, lanjut Sekda, kondisi Kabupaten Banggai pasca pelaksaan Pilkada serentak Banggai tahun 2020 berlangsung aman dan lancar.

“Alhamdulillah Kabupaten Banggai dalam melaksanakan pilkada 2020 dalam kondisi lancar dan aman serta tetap menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

Sementara itu, Dirjen Politik Dan PUM, Dr. Drs. Bahtiar., M.Si. memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat  Kabupaten Banggai atas partisipasinya yang telah melaksanakan pilkada dengan lancar dan aman.

Ia menuturkan pencapaian jumlah partisipasi pemilih yang mencapai hingga 81 persen, melebihi dari target standar nasional yakni sebesar 77 persen, merupakan suatu prestasi.

“Merupakan suatu prestasi karna target capaian nasional sebesar 77 persen, ternyata Kabupaten Banggai bisa mencapai 81 persen, melebihi standar nasional. Kami berharap agar kondisi dan situasi yang aman ini bisa dipertahankan sampai hari H penetapan calon menjadi Bupati dan Wakil Bupati,” tandasnya.

Anev Desk Pilkada 2020 ini turut dihadiri Asisten Administrasi Umum, Ramlin Hanis; Kaban Kesbangpol, Irpan Poma; Inspektur Inspektorat, Imran Suni; Kadis Kominfo, Hasanudin Idris; Kabag Tapem, Yunus Kurapa, serta Kasubag Protokol, Muhlis Pampawa, yang dilangsungkan di ruang rapat khusus Kantor Bupati Banggai, kawasan perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.(Dewi)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan