oleh

Sudah Punya Asuransi Tapi Was Was Takut Claim Tidak Dipenuhi? Pelajari Disini

Jakarta – Banjir adalah musibah langganan yang datang ketika musim hujan tiba di beberapa kota di Indonesia. Tidak hanya memakan korban nyawa tapi seringkali menyebabkan kerugian materi apalagi pada mobil.
Sayangnya beberapa orang yang sudah pakai asuransi ternyata tak dapat mengklaim ganti rugi kerusakkan akibat banjir. Hal ini bukan karena pihak asuransi tidak mau, tapi pada kasus banjir ada perluasan jaminannya.

Bayangkan jika terjadi musibah banjir dan mobil Anda sudah terdaftar asuransi tetapi tidak ada perluasan jaminan banjir, berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan perbaikan terhadap kendaraan yang terkena banjir.

Dilansir dari Lifepal.Co.ID, Pada saat membeli asuransi kendaraan, perhatikan risiko apa saja yang akan dijamin dalam polis Anda. Sebagai contoh, saat membeli asuransi mobil melalui Anda diminta memilih perlindungan untuk mobil Anda. Ada perlindungan TLO (Total loss Only) atau comprehensive.

Langkah selanjutnya baru Anda diminta memilih perluasan jaminan apa yang akan Anda ambil. Anda bisa memilih perluasan jaminan banjir yang mana sudah termasuk juga perluasan jaminan kerusuhan, huru-hara, angin topan, gempa bumi, tsunami, gunung meletus, dan tanah longsor.

Nah, kalau sudah menggunakan perluasan asuransi ini jika mobil terkena banjir pada saat klaim informasikan dengan jelas kejadian, posisi kendaraan dan kondisi genangan air atau banjir yang terjadi.

Walaupun sebenarnya sudah pakai perluasan banjir, ada juga ketentuan yang perlu diketahui oleh pemilik kendaraan. Perusahaan asuransi bisa menolak klaim apabila mobil dengan sengaja menerobos banjir atau berusaha menyalakan mesin setelah kendaraan terendam. Sebaiknya jika sudah terjadi seperti ini jangan langsung menyalakan mobil, biarkan pihak asuransi yang mengurusnya.


3 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Asuransi

Berikut Tagar berikan 3 manfaat menggunakan asuransi kendaraan disaat pandemi, dilansir dari berbagai sumber, Kamis, 26 November 2020.

1. Efisiensi Keuangan
Dengan adanya asuransi kendaraan saat pandemi seperti ini, tentunya sangat membantu menekan risiko keluarnya pengeluaran tak terduga.

Selain itu, keuntungan memakai asuransi kendaraan ialah pemilik kendaraan tidak perlu khawatir memikirkan biaya yang harus ditanggung jika terjadi kerusakan atau kecelakaan. Sebab penyedia asuransi akan menanggung berdasarkan polis yang berlaku.

2. Meminimalisir Kerugian Akibat Kerusakan atau Kehilangan
Perusahaan asuransi siap memberikan perlindungan bagi pemilik mobil atas kerugian yang dialami. Mulai dari kerusakan mobil akibat kecelakaan dan pencurian kendaraan. Untuk ada jaminan dari kasus semacam itu, maka pilihlah jenis Total Lost Only (TLO). Memilih perusahaan asuransi juga amat penting. Dengan memilih penyedia asuransi kendaraan yang tepat, nanti akan merasakan manfaat positifnya.

3. Menjaga Aset
Disaat kondisi ekonomi yang tak menentu, aliran keuangan bulanan (cash flow) wajib untuk diperhatikan.  Dengan adanya asuransi kendaraan mobil dipastikan terlindungi. Sehingga, pemilik kendaraan tidak perlu mengeluarkan dana menanggung risiko kecelakaan.


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed