4.566 Warga Kabupaten Banggai Terima Sertifikat Tanah

BANGGAI, MPI_Presiden RI, Joko Widodo, didampingi Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil, menyerahkan 584.407 sertifikat tanah kepada para penerima yang tersebar di 26 provinsi atau 273 kabupaten/kota.

Penyerahan sertifikat ini digelar secara visual langsung dari Istana Negara, Jakarta, dan diikuti oleh seluruh kepala daerah penerima sertifikat, Selasa (05/01).

Untuk Kabupaten Banggai tercatat ada 4.566 warga dari 21 Desa di 6 Kecamatan menerima Sertifikat tanah yang diserahkan secara simbolis kepada 21 Kepala Desa oleh Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim, M.M., di salah satu hotel di kawasan KM 5, Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk Selatan.

Kepada awak media ini, mengutip sambutan Presiden, Herwin menyampaikan pada tahun 2025 mendatang seluruh tanah yang ada di Indonesia telah dilengkapi sertifikat sehingga seluruh masyarakat merasa memiliki hak atas tanah.

Lebih lanjut dikatakan penyerahan sertifikat tanah ini merupakan komitmen pemerintah untuk terus mempercepat pensertifikatan tanah di seluruh Indonesia.

Pada  tahun 2020, lanjutnya, pemerintah pusat menargetkan dapat menyelesaikan 11 juta sertifikat. Namun, upaya itu terkendala  karena adanya pandemi.

“Realisasinya hanya bisa 6,8 juta sertifikat. Alhamdulillah masih 6,8 juta sertifikat. Biasanya dulu, setahun hanya 500 ribu sertifikat. Sudah 12 kali lipat sekarang,” ungkap Herwin mengutip sambutan Presiden.

Herwin menuturkan jika menengok ke belakang, pada  tahun  2015 lalu, ada sekitar 126 juta sertifikat yang harus dipegang masyarakat. Tetapi saat itu baru ada 46 juta sertifikat yang direalisasikan.

“Artinya, masih  ada 80 juta sertifikat yang belum dipegang masyarakat. Kalau setahun hanya 500 ribu berarti harus menunggu 160 tahun. Bisa dibayangkan. Pastinya tidak akan ada yang mau menunggu selama itu. Karena sertifikat tanah adalah kepastian hukum, hak atas tanah yang dimiliki,” tuturnya.

Herwin menguraikan di tahun 2017, BPN berhasil mengerjakan 5,4 juta sertifikat dari target  sebanyak 5 juta sertifikat.

Sedangkan di tahun 2018 jumlahnya menjadi 9,3 juta sertifikat, tahun 2019 sebesar 9 juta sertifikat, dan tahun 2020 di tengah merebaknya pandemi Covid-19 pemerintah telah menyelesaikan sebanyak 6,8 juta sertifikat.

“Target yang diberikan Presiden kepada BPN selalu terlampaui,” tandasnya.

Penyerahan sertifikat tanah ini turut dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Banggai, Masnur, S.H., M.Hum., M.H.; Wakapolres Banggai, Kompol Esriyati Ndese, S.H., M.H.; Kasdim 1308/LB, Mayor Inf Abner Patambo; Asisten Pemerintahan dan Kesra, Judi Ammy Amisudin, S.H., M.H.; dan Kepala Kantor BPN Banggai, Ir. H. Yus Sudarso, bersama stafnya.(Dewi)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan