Potensi Abrasi dan Pendangkalan Sungai Ancam Penduduk di 8 Lingkungan Kelurahan Patte’ne Polsel (Berita MPI)

Takalar, MediaPATRIOT.CO.ID – Menjadi Momok menakutkan bagi warga 8 lingkungan di Kelurahan Patte’ne Kecamatan Polsel Takalar akan perihal pemukiman dan kediaman mereka yang tak jauh dari bibir sungai sepanjang Kiloan meter yang mengakibatkan terjadinya pengikisan bibir sungai sampai satu meter setiap tahunnya akibat derasnya air di musim penghujan.

Kondisi yang nampak saat awak media patriot.co.id melakukan tinjauan baru baru ini terlihat sepanjang sungai telah terjadi abrasi dibeberapa titik sehingga terjadi pendangkalan yang tentunya setiap tahunnya akan berdampak pada banjir akibat luapan sungai yang sudah tidak sesuai dengan volume air dan tampungan sungai.

“Setiap tahunnya jika musim penghujan datang, bibir sungai di sekitar pemukiman yang berjarak cukup dekat dengan rumah rumah warga itu terjadi abrasi sungai sampai jarak meteran yang saat ini sudah terbilang sangat dekat dari pondasi dan tiang rumah penduduk, seperti yang nampak di jalan poros atau dekat jembatan Patte’ne itu telah terjadi abrasi luar biasa sampai membuat pendangkalan sungai, kondisi itu pastinya senantiasa mengancam rumah rumah warga yang berada di sekitar sungai yang sejatinya seluruh lingkungan di Patte’ne dialiri sungai” ungkap Sahar Daeng Sura’.

Sambung, “Kami harap pihak pemerintah daerah, Provinsi, Pusat utamanya Balai Pompengan Je’neberang dapat memberikan perhatian berupa pembangunan bronjong di sepanjang bibir sungai karna hal ancaman yang senantiasa telah dirasakan oleh masyarakat Patte’ne” harap warga Patte’ne tersebut. (Maskur Tutu)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan