oleh

Tim Penilai RW Siaga Kecamatan Mustikajaya Kunjungi RW 19 Cimuning

 

Kota Bekasi, MPI
Pihak Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Mustikajaya, Kota Bekasi, melaksanakan penilaian lomba RW Siaga tahun 2021. Secara bergilir, tim penilai mengunjungi dan meninjau setiap lokasi RW Siaga yang mewakili masing-masing kelurahan.

Baca Juga : Berita Jajaran POLRI Mulai dari POLSEK / POLRES / POLDA

Baca Juga : Kode Referal vTUBE Seluruh Indonesia Referensi MPI

Untuk wilayah Kelurahan Cimuning, tim penilai dari unsur Tiga Pilar dan Puskesmas ini meninjau lokasi RW 19 yang terletak di Perumahan Bekasi Timur Regensi. Ada beberapa lokasi yang ditinjau, seperti pos keamanan swadaya dan kebun hidroponik yang dikelola warga setempat.

Terkait penilaian lomba RW Siaga ini, Camat Mustikajaya Gutus Hermawan menjelaskan penilaian ini merupakan bentuk evaluasi terhadap seluruh kegiatan yang dilaksanakan tap Raw Siaga, terutama dalam rangka penanggulangan virus Covid-19. “Kemudian juga yang ada kaitannya dengan program ketahanan pangan, sehingga warga mampu memenuhi kebutuhan pangan nereka sendiri secara mandiri,” imbuh dia.

Selain itu juga berkaitan dengan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat, termasuk sinergitas dengan unsur Tiga Pilar dalam rangka menjaga kondusifitas lingkungan masyarakat. “Bagaimana upaya swadaya masyarakat dalan rangka menjaga Kamtibmas lingkungan mereka, nah ini juga menjadi bahan penilaian dan evaluasi dalam lomba RW Siaga ini,” tegasnya.

Gutus berharap tercapainya sasaran lomba RW Siaga ini untuk menggali kepedulian dan kegotongroyongan antar warga dalam mengelola dan membangun lingkungannya. “RW Siaga yang berprestasi dalam lomba tingkat kecamatan ini akan menjadi wakil dari Kecamatan Mustikajaya dalam lomba RW Siaga Tingkat Kota Bekasi nanti,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Cimuning Muhamad Martam usai menyambut kedatangan tim penilai menyatakan pihaknya tidak melakukan persiapan khusus untuk menghadapi penilaian ini. “Ya karena kegiatan divRW Siaga disini tetap berjalan, bukan hanya saat menghadapi perkombaan, tidak ada perlombaan pun seluruh kegiatan terus berjalan,” ungkapnya.

Namun Martam mengakui dibanding lingkungan RW lain, aktifitas di RW 19 dinilai lebih aktif dan memenuhi seluruh kriteria lomba RW Siaga. “Semua kriteria sudah terpenuhi, kebun hidroponik, pengamanan Kamtibmas yang bersinergi dengan Tiga Pilar, dan upaya penanggulangan Covid yang didukung dengan terbentuknya Satgas Penanggulangan Covid-19 di lingkungan RW 19 ini,” ulasnya saat didampingi Ketua RW 91 Cimuning Agus Sutarto, MARS.

Martam berharap kepada seluruh pengurus lingkungan dan warga di RW lain termotivasi untuk aktif membangun dan mengembangkan lingkungannya melalui program RW Siaga. “Tidak terkecuali, baik warga di RW perumahan atau perkampungan ijut termotivasi dalam rangka mewujudkan lingkungan yang lebih baik dan maju lagi,” pungkasnya. (Mul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed