LPAI OKU Hadiri Psikolog 5 Anak Korban Pencabulan Difasilitasi PPPA OKU (MPI)

Baturaja Oku, Mediapatriot || Komisi Pelindungan Anak Daerah (KPAD) Provinsi Sumatera Selatan memberikan bantuan psikologi untuk menghilangkan trauma kepada Lima dari enam anak-anak korban Pencabulan yang terjadi di Kelurahan Kemelak Bidung Langit Baturaja Timur kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Batuan psikolog KPAD Sumsel terhadap korban difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten OKU. Bertempat diruangan rapat Kantor Dinas PPPA OKU, Selasa (02/02/2021).

Ke lima korban dilakukan psikolog oleh Vera Bekti Rahayu dari Psikolog PPPA Prov Sumatera Selatan didampingi oleh Staf PPPA Sumsel Amirudin dan 3 Anggota Pokja KPAD Sumsel Rival Kabah,Kiki Supriyadi dan Suhandi.

Kegiatan ini diikuti oleh 5 anak beserta orangtua korban dan pengurus LPAI OKU, Satu orang anak korban tidak hadir karena ada suatu halangan.

Beberapa aktivitas yang dilakukan pada kegiatan tersebut berupa Wawancara terhadap orang tua korban diteruskan para korban, pengisian beberapa soal oleh korban dan mengambar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) OKU Ir. Arman, M.Si mengatakan, Dinas PPPA dalam kegiatan ini hanya memfasilitasi dan hanya fokus melakukan pendampingan psikologis dan pemulihan berupa trauma, ini merupakan langkah yang sangat penting untuk dilakukan demi memberikan perlindungan terhadap korban.

kita semua tahu, diteruskan Arman. bahwa segala bentuk kekerasan terhadap anak pasti akan memberikan dampak negatif seperti trauma fisik, psikis, dan kesulitan dalam berelasi sosial, jika tidak segera ditangani dengan baik maka akan berdampak pada perkembangan dan tumbuh kembang anak-anak di masa depan. Untuk itu kami ditawari oleh Provinsi bantuan Psikolog untuk membantu korban, karena kita tidak mempunyai psikolog,”Ungkap Arman.

Arman menyampaikan, Dengan adanya korban dilakukan psikolog maka data hasil dari psikolog nantinya dapat digunakan oleh pihak LPAI OKU apa bila kasusnya berlanjut sampai ke pengadilan.

“Silakan LPAI minta data salinannya ke pada kita,kita bantu. ini lah bentuk kerjasama kita dalam kemitraan,”Tegas Ir. Arman, M.Si Kadin PPPA OKU.

Sementara itu, Ketua LPAI OKU Hasmiati melalui Waka nya Hermanto Idris didampingi Humas Sampurna menyampaikan apresiasi kepada KPAD Sumsel dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumsel serta Kabupaten OKU yang telah berperan aktif dalam proses pendampingan dan pemulihan kondisi anak-anak korban Pencabulan yang sedang LPAI OKU didampingi.

Hermanto berharapan agar kegiatan ini dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk anak-anak sehingga mampu mengontrol gejala umum stres dan keluar dari kondisi yang tidak menyenangkan akibat kejadian yang dialami,”Tambahnya.

Semoga ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk meningkatkan kepedulian terhadap pemenuhan hak-hak dan perlindungan khusus anak,” Pungkasnya. (S1)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan