Memperdayakan Kreatifitas Di Masa Pandemi Di RW 013 Perum
BJI, Kp.Cerewet, Kel. Duren Jaya

MPI (Bekasi kota) – Menggali potensi agar dapat menambah penghasilan pada situasi pandemi ini harus membaca peluang pangsa di lingkungan untuk menjadi trendsetter atau pencetus awal.

Saat ini sedang fokus ke tanaman dalam mengisi kegiatan , karena hal ini guna melakukan isolasi mandiri, agar lebih aman tinggal di rumah untuk menghindari bahaya penyebaran covid -19, maka timbul gagasan untuk menciptakan usaha dalam situasi seperti ini.

Aktifitas untuk menghilangkan rasa kejenuhan, hampir rata -rata warga sekitar perumahan lebih mengisi waktu luang untuk merawat dan menanam tanaman.

Maka kesempatan peluang untuk mengisi kegiatan tersebut di lingkungan, maka digagas oleh pengurus Rw 013 perumahan BJI Kp.. Cerewet, Duren Jaya. Menggali kesempatan membuka usaha, untuk mengantisipasi serta membatasi kegiatan kumpul warga dengan mengisi waktu untuk membuat bentuk usaha dengan menggunakan fasilitas lahan yang ada di sekretariat Rw, dengan menjual tanaman ,media tanam dan sekaligus membuat rak pot yang di pelopori seksi lingkungan, Iwan, agus ,dan arycoy.

Karena pandemi ini berpengaruh pada situasi ekonomi. Sehingga perlu untuk mendaya gunakan pikiran maupun tenaga untuk menggali potensi membuahkan karya yang dapat dijual di masyarakat.

Menurut arycoy, menjual tanaman berbagai jenis dan media tanam, walaupun Untung penghasilan tidak seberapa besar tapi sedikit bisa membantu warga dalam pengadaan tanaman dan media tanam (pupuk) tidak jauh dari lingkungan sekitar tempat tinggal khususnya untuk warga RW. 013, Perumahan Bekasi Jaya Indah, Kp.. Crewet, duren jaya, Bekasi timur.

“Awalnya usaha ini saya coba-coba ternyata dalam situasi pandemi ini banyak warga yang membutuhkan tanaman dan media tanam, walaupun untungnya tidak seberapa, tapi memberi kemudahan membeli kebutuhan tanaman dengan lokasi terdekat, keuntungan lain akan menggiatkan warga untuk betah tinggal di rumah merawat tanamannya agar terhindar dari penyebaran wabah covid -19 ini “,ujar arycoy Ketua.Karang taruna ,dan Ketua.Satgas Covid -19 RW013.

Merambah peluang usaha produksi Rak- pot untuk mengisi kegiatan guna memotivasi dan berinovasi merangsang karang taruna di Rw 013 yang dipelopori, Iwan dan agus suprianto bagian sie.kingkungan, membuat produksi rak pot dengan potensi keahlian berdua berkreasi merancang rak pot dengan bermacam -macam model dari bahan besi beton yang di rakitnya.

Menurut Ketua RW 013 Perum. BJI kp. Crewed, Duren Jaya -Bekasi timur Yusrizal, SH, mudah-mudahan dengan kegiatan ini di masa Pandemi Covid -19 bisa membantu memutus mata rantai penyebarannya, sehingga aktifitas di rumah mengisolasi mandiri akan mengurangi kegiatan kerumunan warga, ke arah positip dan menyalurkan potensi dan memberi ruang serta merangsang giat usaha terutama untuk kalangan putus sekolah yang belum bekerja, sehingga bisa memberikan motivasi untuk berkreatifitas dalam mengisi waktu sambil mencari penghasilan,

“Tapi sayangnya, mengembangkan usaha membuat rak pot masih membutuhkan dana tambahan untuk memproduksinya dan berharap ada bantuan dana kompensasi dalam mengembangkan UMKM dari Pemerintah daerah dari Dinas terkait dalam mengembangkan usaha ini “, tandas, Yusrizal,SH. Ketua 013.

( usman gumilar)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan