Komsos Dengan Ketua Alat Musik Tradisional Gendang Panjang

Natuna – MPI. Desa Kelanga memiliki kearifan budaya lokal yaitu Alat musik Gendang Panjang. Alat musik Gendang Panjang untuk mengiringi Tari Topeng, Senin (8/03/2021).

Babinsa Kel : Ranai Kota Personil Koramil 01/Ranai Serda Erwin.E.Sidabutar bersilahturahmi dengan Ketua Alat Musik Tradisional Gendang Panjang, Bpk Yuhaimi.

Gendang Panjang sendiri mempunyai sejarah untuk mengiringi Tari Topeng yang mana dahulu hanya menggunakan kayu yang dipukul – pukul. dan dengan perkembangan zaman sehingga di buatlah Alat Musik Gendang Panjang itu sendiri.

Gendang Panjang dan Tari Topeng sangat berkaitan dengan dua Seni budaya yang berbeda tapi berjalan seirama. Gendang Panjang di mainkan oleh 6 orang terdiri dari : 2 orang Gendang Panjang, 1 orang Gendang Pendek, 1 orang Gong, dan 2 orang Kelempong.

Untuk saat ini Gendang Panjang dan Tari Topeng masih Aktif dan apabila ada permintaan untuk tampil di pementasan, semuanya siap tampil. Harapan kedepannya terhadap kebudayaan lokal ini tetap eksis dan tidak punah walau perkembangan zaman sudah sangat maju pesat.

Besar Harapan Dari Ketua Gendang Panjang Bpk Yuhaimi Supaya Alat Musik Ini Dikenal Kembali Oleh Warga Khususnya Kaum Milenial.

(Red Irwan)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan