Camat Totsel Himbau Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Untuk Ketahanan Pangan (Berita MPI)

BANGGAI KEPULAUAN, MPI_Camat Totikum Selatan (Totsel), Afriyanto Pamolango, S.STP. menghimbau masyarakatnya agar memanfaatkan lahan tidur untuk ketahanan pangan.

Hal ini disampaikannya saat menjadi nara sumber pada kegiatan sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro tahun 2021, Selasa (30/03), yang digelar di Balai Pertemuan Rakyat Desa Kanali, Kecamatan Totsel, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep).

“Dengan adanya program PPKM skala Mikro ini lahan tidur sekiranya dapat dimanfaatkan untuk pertanian guna membantu memenuhi kebutuhan pokok maupun ekonomi masyarakat,” himbaunya.

Lebih lanjut dikatakan sinergitas antara pemerintah dan lembaga di Desa sangat dibutuhkan guna mendukung terlaksananya program-program pemerintahan.

Dengan adanya sosialisasi PPKM Mikro, lanjutnya, diharapkan Pemerintah Desa (Pemdes) dapat menyediakan sarana dan prasarana dalam pencegahan pandemi covid-19.

“Seperti tempat isolasi dan posko penanganan covid-19 di Desa, dan pemberlakukan protokol kesehatan (prokes) sesuai Perbup Bangkep nomor 23 tahun 2020,” lanjutnya.

Ia menguraikan pembiayaan PPKM skala Mikro menggunakan 8 persen Anggaran Dana Desa (ADD) sesuai dengan instruksi Menteri Desa PDTT nomor 1 tahun 2021 melalui perubahan APBDes.

“Sehubungan dengan perubahan APBDes ini, dari 8 persen ADD diperuntukan untuk pembiayaan operasional dan pelaksanaan program pemerintah terkait PPKM skala Mikro. Manfaatkanlah anggaran tersebut dengan benar dan peruntukannya disesuaikan anggaran yang ada,” tegasnya.

Ditambahkan, PPKM Skala Mikro akan diberlakukan sejak 22 Maret 2021 hingga 22 Juli 2021. Untuk itu, ia menekankan kepada Tim relawan Covid-19 yang sudah dibentuk melalui Posko PPKM Mikro untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam memutus mata rantai virus corona (Pandemi Covid-19).

“Tim relawan Covid-19 yang sudah dibentuk melalui Posko PPKM Mikro harus menjalankan tugas dan tanggung jawabnya guna mensukseskan proram pemerintah dalam memutus mata rantai virus corona (Pandemi Covid-19),” tandasnya.

Sosialisasi PPKM ) Mikro dalam rangka Pencegahan Pandemi Covid-19 Tahun 2021 ini turut dihadiri Babinsa/Danpos Totikum dan Totsel Koramil 1308-10/Slkn mewakili Danramil Salakan, Serma J. Ferry; Ps. Kanit Intel Polsek Totikum mewakili Kapolsek Totikum, Bripka Harmawansyah; Tenaga Ahli/Pendamping Kabupaten Bangkep, Rizal Kaniu, Dokter Umum UPT. PKM. Totsel mewakili Ka. UPT. PKM. Totsel, dr. Selvyani Pasomba; Pendamping Desa Kec. Totikum, Darso Landengo, S.Pd.; Kades Kanali, Nurmiyati; Ketua BPD Desa Kanali, Anwar; Pendamping Desa Lokal, Prio Sigit Kamindang dan undangan lainnya.(dewi)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan