Peringatan Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi: “Tantangan Yang Dihadapi Pancasila Tidak Ringan”

JAKARTA, MPI_Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. Joko Widodo, menegaskan bahwasanya tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah ringan.

Hal ini disampaikannya saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa (01/06), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, yang digelar secara virtual ke seluruh Indonesia.

“”Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah ringan,” tegasnya dalam sambutannya.

Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat dari Kabupaten Tanah Bumbu saat memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila, 01 Juni 2021.

Lebih lanjut, Jokowi, sapaan akrabnya, mengatakan Pancasila dalam menghadapi perkembangan global tidak serta-merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan.

Dimana perkembangan global pun tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antar pandangan, antar nilai dan antar ideologi.

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi,” lanjutnya.

Untuk itu, momentum peringatan Hari Lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya.

“Peran penting dari momentum peringatan Hari Lahir Pancasila untuk semakin mengokohkan nilai-nilai Pancasila, utamanya dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutupnya.

Wakil Bupati, Forkopimda, Sekda dan Kepala Kesbangpol Banggai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2021 secara virtual dari ruang rapat khusu kantor Bupati Banggai.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini turut diikuti Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, M.Pd.; Kapolres Banggai, AKBP Satria Adrie Vibrianto, S.I.K., M.H.; Dandim 1308/Luwuk Banggai, Letkol Inf Fanny Pantouw, S.Sos., M.Tr.Han., M.I.POL.; Ketua DPRD Banggai, Suprapto; Sekretaris Daerah (Sekda) Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si. dan Kepala Kesbangpol Banggai di ruang rapat khusus kantor Bupati Banggai, kawasan perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.

Selain itu, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila juga turut diikuti oleh para PJU Polres Banggai di Aula Rupatama Mapolres Banggai. Dan para Kapolsek jajaran bersama anggota dari Mapolsek masing-masing.(dewi)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan