Musdes Penetapan RKPdes Tahun 2022 Diselenggarakan Oleh Pemdes Pusar dan BPD

OKU SUMSEL, MEDIAPATRIOT || Pemerintah Desa (Pemdes) Pusar dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pusar Selenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penyusunan pemerintah desa  (RKPdes) tahun anggaran 2022, bertempat di aula Kantor Desa pusar Kec Baturaja Barat Kabupaten OKU. Rabu (07/07/2021).

Musyawarah Desa (Musdes) adalah proses musyawarah antara BPD, Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh BPD untuk menyepakati hal yang bersifat strategis.

Pelaksanaan Musyawarah Desa (Musdes) ini atas Implementasi hasil penyerapan Aspirasi dari pelaksanaan Musyawarah Dusun (Musdus) sebelumnya.

Kepala Desa Pusar Zainuddin didalam sambutannya menyampaikan, didalam masa Pandemi Covid -19 masih banyak pekerjaan di tahun 2021 belum terlaksana karena sebagian besar dari anggaran harus terpusat kepada penanggulangan Covid -19.

Kades berharap pada tahap pelaksanaan kegiatan fisik di tahun 2022 nanti bisa dapat terealisasi dan tepat waktu dan kades mengajak semua elemen masyarakat untuk bersinergi memajukan Desa.

“Saya berharap agar kegiatan di tahun 2022 dapat terselesaikan dengan baik dan mendapat dukungan dari masyarakat Desa Pusar,”ucap kades Pusar Zainuddin.

Sementara Kapolsek Baturaja barat Abdul Azis, SE dalam sambutannya mengajak masyarakat desa Pusar khususnya, untuk menyukseskan program vaksinasi yang merupakan program pemerintah untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid 19, dan berharap kedepannya wilayah Baturaja barat telah tervaksin seluruhnya.

Ketua Badan permusyawaratan Desa (BPD) Pusar Garsubi menyampaikan, berdasarkan Peraturan menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 tahun 2020 Prioritas Dana Desa  adalah.

1 SDGS desa, yaitu pembangunan total atas desa
2. Pemulihan Ekonomi Nasional sesuai kewenangan desa
3  program prioritas nasional
4.Adaptasi kebiasaan baru.

“Jadi kedepan pola pembangunan yang selama ini bertumpu ke infrastruktur fisik telah berubah,”ujar Garsubi.

Ketua BPD Pusar Garsubi menyampaikan harapanya kepada Pemerintah desa pusar agar berupaya agar Desa tumbuh Berkembang bersama pengelolaan Bumdesnya.

Pengelolaan Pariwisata desa dikembangkan, pemberian Pelatihan, Pengembangan usaha dengan memanfaatkan pengrajin yang ada, penguatan ketahan pangan, pemanfaatan lahan dan sebagainya.”Imbuh Garsubi.

Dikesempatan ini juga Garsubi meminta masyarakat untuk selalu jaga kesehatan dan tetap mematuhi anjuran pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran virus corona dan semoga kondisi ini cepat berlalu.

“Ditengah wabah pandemi covid 19 yang sedang berlangsung ini, diharapkan masyarakat jaga kesehatan dan tetap selalu mematuhi anjuran pemerintah. semoga pandemi ini segera berakhir,”tutupnya.

Acara Pelaksanaan Musdes dihadiri Dinas PMD,TA kab OKU, Camat Baturaja Barat Heryamin SAg,SP,M.Si, Kapolsek Baturaja barat AKP Ujang Abdul Azis, SE.,Kepala Puskesmas Tanjung Agung PLD kec Marcos Halik, Kepala Desa Pusar Zainudin beserta perangkat Desa, Ketua BPD dan seluruh Anggota, Unsur keterwakilan  16 komponen  pemangku kepentingan, PKK, Pokdarwis, Karang taruna dan masyarakat lainnya.

Seluruh peserta Musdes sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, acara Musdes diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Hasil Musdes oleh Kepala Desa, Ketua BPD dan Perwakilan Peserta Musdes.

Hasil keputusan Musdes ini, salah satunya menyepakati panitia Perumus tim 12 yang dituangkan dalam berita acara kesepakatan antara Pemdes, BPD dan Perwakilan Peserta musyawarah dari salah satu tokoh masyarakat. (Hermanto)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan