Perlunya Pengawasan Pekerjaan Pantai Di Bidang Sumber Daya Air di Indramayu

Indramayu, MPI.co.id

Pekerjaan pembuatan kubus dalam pembangunan pengamanan pantai di daerah Limbangan Indramayu sangat lah kurang perhatian Dinas setempat, karena pekerjaan dilaksanakan berasal dari BBWS Provinsi yang sangat lah sulit dalam memantaunya.Konsultannya Trieknas Pa Endar bertanya sama media dari mana namun mau balik bertanya selalu menghindar, Akhirnya Media mencari sendiri sebab kebanyakkan yang ditanya tidak tahu jawabannya.

Setiap Pelaksana pekerja tidak dapat menghargai para media yang datang kelokasi pekerjaan dan selalu menghindar jika ingin bertanya.

Dengan pekerjaan diblok Lapangan, Limbangan Kecamatan Juntiyuat, Kabupaten Indramayu. No Kontrak HK.02.03/At/2/SPI/01-02/2021. Nilai kontrak Rp 25.674.281.193.00. HHWL (+0,4,6<+1.00), panjang 0,7 KM, 60 Ha di menangkan oleh PT Kalapa Satangkal Makmur.

Perlunya Pengawasan Pekerjaan Pantai, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi mengadakan pendidikan dan pelatihan tentang pengawasan pantai.

Diselenggarakan di Balai Pendidikan dan Pelatihan BBWS. Dalam diklat ini dijelaskan tentang tata cara pengawasan, dokumen kontrak, pengetahuan pantai, keselamatan kerja, pengelolaan pantai terpadu, penyebab abrasi pantai, peraturan perundangan kebijakan strategis, pencegahan abrasi pantai, penanggulangan abrasi pantai dan quality assurance.

Abrasi merupakan proses pada saat angin yang bergerak di laut menimbulkan arus serta gelombang mengarah ke pantai, sehingga apabila proses ini berlangsung lama akan mengikis pinggir pantai.

Akibat dari abrasi ini akan menyebabkan menggetarkan batuan atau tanah di pinggir pantai, sehingga lama-kelamaan akan berpisah dengan daratan dan akan mengalami abrasi pantai.

Kekuatan gelombang terbesar dapat terjadi pada waktu terjadi badai dan badai inilah yang mempercepat terjadi proses abrasi pantai. Abrasi ini selain disebabkan faktor alam bisa juga disebabkan karena faktor manusia, seperti contoh melakukan penambangan pasir.

Dikatakan demikian karena penambangan pasir begitu penting terhadap percepatan abrasi suatu pantai karena dapat menyebabkan pasir laut terkuras, dan hal inilah yang sangat berpengaruh terhadap arah dan kecepatan arus laut yang akan menghantam pantai.

Oleh karena itu, setelah mengikuti diklat ini diharapkan para Aparatur Sipil Negara makin handal dalam menangani segala hal yang berhubungan dengan pengawasan pantai.(Deswin N)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan