Pemkab Banggai Akan Salurkan 150 Ton Bibit Pertanian Kepada Para Petani

BANGGAI, MPI_Dalam rangkaian kunjungan kerja (kunker) di berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Banggai, Senin (26/07), Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, berikan pengarahan, pemantauan dan mengevaluasi kinerja para Camat dalam penanganan Covid-19 diwilayahnya masing-masing.

Kunker kali ini, Bupati Banggai yang didampingi Staf Khusus Bupati, Taufan Pratama Zasya, dan Kasubag Dokumentasi Pimpinan, Indra, bersama staf berkunjung di empat Kecamatan, yakni Kecamatan Batui Selatan, Batui, Kintom dan Nambo.

Dalam arahannya, Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai akan membagikan 150 ton bibit pertanian kepada para petani, yakni bibit padi, jagung dan kedelai.

“Beberapa waktu kedepan Pemkab Banggai akan membagikan 150 ton bibit pertanian kepada para petani. Untuk itu, para Camat segera melakukan koordinasi dengan Dinas TPHP terkait tekhnis pembagiannya,” ungkapnya.

Pemkab Banggai, lanjutnya, telah menyurat kepada Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk meminta penambahan kuota pupuk bersubsidi, khususnya Urea, TSP, dan KCL, serta untuk penyuluh pertanian terkait Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK).

“Untuk RDKK, perencanaan kedepannya wajib melibatkan para Camat dan Kepala Desa, yang merupakan tempat para petani menyampaikan segala keluh kesahnya. Jangan sampai ada kelompok fiktif sehingga memainkan kuota pupuk bersubsidi,” tegasnya.

Selain itu, Bupati juga mengintruksikan kepada para Camat agar memerintahkan Kepala Desa untuk mengontrol proyek pembangunan yang ada diwilayahnya.

“Kepala Desa harus bisa mengontrol proyek pembangunan yang ada diwilayahnya, diantaranya dengan menekankan kepada para kontraktor memasang papan proyek. Hal ini bertujuan agar pemerintah dan masyarakat mengetahui dan mengawasi bersama pelaksanaan proyek tersebut,” tutupnya.

Pada kesempatan ini, Bupati juga melakukan pemeriksaan terhadap ruang pelayanan masyarakat, ruang camat, toilet umum dan kebersihan kantor.(pungkasnya).