Gubernur Sulteng Buka STQH Sulteng ke XXVI di Balut Secara Virtual

BANGGAI LAUT, MPI_Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke XXVI tingkat Sulteng dengan lima jenis perlombaan, 26-31 Agustus 2021, secara virtual.

Mengusung tema Mari Mewujudkan Masyarakat Sulawesi Tengah Yang Cinta Al-quran, STQH ke XXVI Sulteng dibuka langsung secara virtual oleh Gubernur Sulteng, Hi. Rusdi Mastura, Jumat (27/08) malam, di Arena Utama Taman Kota Banggai, Kelurahan Lompio, Kecamatan Banggai,  Kabupaten Balut.

Sejumlah rangkaian kegiatan dilakukan pada pembukaan STQH Sulteng ke XXVI, diantaranya penyerahan Piala Bergilir Gubernur Sulteng dari juara umum STQH Sulteng XXV tahun 2020, Kabupaten Donggala, kepada Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Asisten I, Ir.Faisal Mang, M.M., untuk selanjutnya diserahkan kepada Ketua Penyelenggara STQH Sulteng ke XXVI di Kabupaten Balut, Bupati Balut, Sofyan Kaepa, S.H.

Pembacaan ayat Suci Al-Quran dibacakan oleh Qoriah Internasional, Hj.Masriah Abd.Gani, dan Hj.Hasni Titi, dengan Saritilawah, Moh. Syarif Uda’a, S.H.

Serta pengibaran bendera STQH, penyerahan cinderamata kepada perwakilan peserta Kafilah dari masing-masing daerah, dan atraksi kesenian tarian kolosal dengan tema Syahadat Di Bumi Batumondoan.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulteng menyampaikan apresiasinya atas terselanggaranya kegiatan STQH ke XXVI Sulteng yang dipusatkan di Kabupaten Banggai Laut (Balut).

“ Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Balut sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan STQH ke XXVI Sulteng tahun 2021, atas kesediaaannya mempersiapkan kegiatan ini dengan sangat baik, termasuk dalam hal pelayanan dan fasilitas pada peserta dan kafilah dan dalam hal penerapan Protokol Kesehatan (proke) Covid-19,” ungkapnya.

Gubernur juga menyampaikan terima kasih kepada segenap sponsor yang telah mendukung kegiatan perlombaan tersebut.

Ia berharap kegiatan ini bisa bermanfaat untuk mengembangkan syiar islam, merekatkan persaudaraan dan kerukunan umat beragama dan menjadi semangat membangun daerah dalam inti gerak cepat menuju Sulteng yang sejahtera dan maju.

“Al-Quran merupakan pedoman hidup dalam Islam. Saya berharap semoga kegiatan ini tidak semata-mata wahana bakat dan menguji kemampuan pesertanya. AKan tetapi mampu mengedukasi umat agar semakin mencintai Al-Quran, memberantas buta aksara huruf Al-Quran dan menyempurnakan akhlak untuk membangun masyarakat di Sulteng,” tandasnya.

Bupati Banggai laut, Sofyan Kaepa, S.H., sebagai Ketua Umum panitia pelaksanaan STQH Sulteng ke XXVI, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan kafilah Kabupaten/Kota se-Sulteng di Kabupaten Balut.

“Selamat datang kami ucapkan kepada para peserta dan kafilah di Kabupaten Balut. Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena kita bisa bersama-sama hadir dalam rangka mensukseskan kegiatan STQH yang ke XXVI baik secara langsung dan secara virtual di daerah,” ucapnya.

Ia mengatakan maksud dan tujuan penyelenggaraan STQH Sulteng ke XXVI ini untuk menyambung tali silaturahmi antar peserta, dewan hakim, panitia dan masyarakat Sulteng di masa pandemi covid-19, serta mengembangkan dan memahami nilai-nilai dan isi dari Al-Quran. Dan juga sebagai petunjuk, rahmat serta ridho dari Allah SWT.

Dituturkan STQH Sulteng ke XXVI diikuti 360 orang, yang terdiri dari 208 peserta dan 15 official pendamping, yang masing-masing utusan mengirimkan 5 perwakilan untuk mengikuti perlombaan secara langsung,. Dan sisanya mengikuti perlombaan secara virtual. Sedangkan Dewan Hakim yang bertugas sebanyak 86 orang dan panitra 8 orang.

Ia menambahkan sumber dana pelaksanaan STQH Sulteng ke XXVI berasal dari APBD Balut tahun anggaran 2021 dan bantuan dana hibah Pemprov Sulteng.

Diuraikan penyelenggaraan perlombaan secara virtual diselenggarakan pada 5 titik lokasi, yakni di arena utama Taman Kota Banggai, Rumah Jabatan Bupati Balut, Gedung Labotan Sosodek, Ruang Rapat Kantor Bupati Banggai Laut dan Hotel Carabella Banggai.

“Selain itu, yang menghadiri secara langsung sudah melewati tahap prokes yang ketat dengan tes antigen dan vaksinasi sebelum pelaksanaan,” pungkasnya.

Pembukaan STQH Sulteng ke XXVI di Balut dihadiri langsung oleh Asisten I Gubernur Sulteng,  Wakil Bupati Balut, Ablit H. Ilyas, S.H.; Ketua DPRD Balut, Mahdiani Bukamo; Wakapolres Bangkep, Hamdan, S.Kom., M.Si.; Sekda Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si.; Sekda Morowali Utara, Ir. Musda Guntur, M.M.;  para Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra se-Sulteng, Dewan Hakim STQH XXVI, para Kepala OPD Pemda Balut , Tomundo Banggai, Irwan Zaman, SR; Danramil Banggai, Kapten Inf. Selumiel; dan para tokoh agama dan adat serta tamu undangan lainnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulteng, Drs. H. Ma’Mun Amir; para Bupati dan Wakil Bupati se-Sulteng, Kakan Kemenag se-Sulteng dan seluruh peserta Kafilah secara virtual.(dewi)



Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI