7 Tips Fotografi Menggunakan iPhone yang Perlu Diketahui

Memiliki ponsel dengan sistem operasi iOS atau iPhone jadi keinginan hampir setiap orang di seluruh dunia. Pasalnya, ponsel besutan Apple ini punya spesifikasi unik dan segudang fitur menarik yang tidak dimiliki oleh sistem operasi ponsel lainnya. Tak mengherankan jika harganya pun terbilang cukup tinggi.

Salah satu fungsi iPhone yang banyak dimanfaatkan oleh penggunanya adalah fotografi. Tipe 12 Pro, misalnya, punya spesifikasi kamera 12 MP dengan fitur Ultra Wide, Wide, dan Telefoto. Ponsel tersebut juga memungkinkan Anda memotret pada malam hari karena adanya teknologi LiDAR Scanner. Belum lagi dengan enam efek pencahayaan yang tentunya membuat hasil foto semakin menakjubkan. Anda bisa mengecek tipe dan harga iPhone 12 Pro atau membelinya secara langsung melalui aplikasi atau website Blibli.

Semua orang sebenarnya bisa memakai iPhone untuk memotret atau mengambil gambar. Namun, tetap diperlukan skill khusus supaya hasil jepretan tetap bagus. Jika Anda termasuk pengguna iPhone, adanya teknologi iSight pada ponsel canggih ini sebenarnya telah disematkan untuk membantu memberikan hasil foto dengan efek alami dan minimalis. Meski begitu, berbagai fungsi dan fitur yang terdapat pada kamera iPhone terkadang belum digunakan secara maksimal sehingga hasil bidikan foto pun belum sepenuhnya sempurna.

Tips Memotret Menggunakan iPhone
Sebenarnya, mendapatkan hasil foto yang bagus dengan menggunakan ponsel iPhone tidak terlalu sulit, kok. Tentunya, asalkan Anda tahu bagaimana tips, trik, dan caranya. Sederhananya, Anda cukup memanfaatkan berbagai fitur yang telah tersedia pada ponsel tersebut dan mencoba menggunakannya dengan berpedoman pada tips berikut ini.

Membersihkan Fokus dan Lensa Kamera
Ponsel, termasuk iPhone, sering dipakai dan ditaruh pada tempat yang tidak Anda sadari bisa membuatnya cepat kotor, seperti pada saku jaket, celana, atau di dalam tas. Menyentuhnya secara asal dengan tangan yang tidak bersih juga bisa meninggalkan bekas minyak dan sidik jari pada perangkat, termasuk lensa dan fokus kamera. Padahal, lensa yang kotor membuat cahaya tidak bisa menembus sensor kamera sehingga menghasilkan efek noda pada hasil jepretan.

Jadi, sebelum digunakan untuk memotret, pastikan Anda sudah membersihkan lensa dan fokus kamera. Gunakan saja kain yang lembut untuk menghindari bagian tersebut tergores. Tak ketinggalan, perhatikan waktu memotret. Agar bisa menghasilkan fokus yang tepat, Anda cukup mengetuk layar pada objek yang berada di dalam frame. Jika objek bergerak atau berpindah, ketuk kembali layar agar fokus tidak hilang. Pastikan juga kamera tidak goyang ketika memotret.

Atur Exposure
Menggunakan fungsi exposure pada kamera iPhone tidak sulit. Anda cukup menyentuh satu titik tertentu pada layar. Fitur ini akan membantu Anda menentukan pencahayaan objek foto. Kamera ponsel akan menyelaraskan cerah dan gelap latar foto dengan warna kontras pada objek. Apabila Anda mengambil foto pada objek yang langsung terkena cahaya matahari atau lampu, cukup ketuk layar untuk mendapatkan warna kontras yang tepat.

Pilih Mode Kamera
Apple memberikan beragam mode foto dalam iPhone, seperti square, default, hingfa panorama. Berbagai fitur ini harus diatur sehingga Anda bisa langsung mendapatkan hasil foto sesuai dengan mode yang diinginkan. Nah, jika Anda hendak mengunggah foto di akun Instagram, mode square bisa jadi pilihan tepat untuk membuat foto tersebut tampak lebih rapi.

Matikan Fitur Flash
Sebenarnya, fitur flash yang terdapat pada kamera iPhone tidak banyak pengaruhnya terhadap kualitas gambar. Ini karena flash pada kamera ponsel canggih tersebut hanyalah lampu LED biasa. Bahkan, fungsinya justru bisa memicu efek yang tidak alami pada hasil bidikan foto.

Inilah mengapa lebih baik Anda menggunakan sumber cahaya yang alami, misalnya sinar matahari. Jika Anda mengambil foto di dalam ruangan, sesuaikan saja fungsi exposure pada kamera untuk membantu menyeimbangkan cahaya yang memasuki lensa. Anda juga bisa mengatur pencahayaan ini dengan bantuan aplikasi yang bisa langsung diunduh melalui App Store.

Memotret Objek Bergerak dengan Burst Mode
Ingin memotret objek bergerak, seperti anak yang berlari atau mobil yang sedang melaju? Jika menggunakan foto biasa, tak heran jika hasil jepretan mengalami blur karena kamera pada ponsel iPhone memang tidak dirancang untuk bisa memotret objek bergerak dengan pas.

Namun, Anda bisa menggunakan burst mode guna mendapatkan beberapa foto dalam waktu tertentu. Ini menjadi cara terbaik yang bisa Anda pakai jika ingin menangkap atau memotret objek yang bergerak. Caranya, cukup tekan dan tahan ikon shutter ketika objek bergerak. Saat Anda melepasnya, akan tampak jumlah foto yang berhasil ditangkap oleh kamera pada bagian bawah layar.

Menggunakan Mode HDR
Mode HDR atau High Definition Range akan memungkinkan Anda menggabungkan tiga pilihan exposure pemandangan yang tidak sama. Mode ini dibuat supaya Anda bisa mengamati setiap detail objek dengan tingkatan cahaya yang bisa dibilang ekstrem. Anda bisa mencoba menggunakan fitur ini supaya bisa melihat pilihan gambar dari hasil jepretan suatu objek.

Meminimalkan Getaran
Sebenarnya, berbagai fitur pada kamera iPhone sudah sangat mendukung pengambilan foto. Namun, tetap saja ada keterbatasan, terlebih jika Anda mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya. Jadi, sangat penting untuk menjaga fungsi dari kamera tersebut supaya tetap stabil guna menambah cahaya yang memasuki lensa.

Salah satu caranya yaitu dengan meminimalkan getaran atau guncangan pada ponsel saat mengambil gambar. Ponsel iPhone 6 Plus dan 6S Plus telah memiliki fitur OIS atau Optical Image Stabilization yang bisa membantu mengurangi kemungkinan getaran saat memotret. Tentu saja, semakin tinggi seri iPhone Anda, semakin lengkap fitur kamera yang terdapat di dalamnya.

Ternyata kamera ponsel juga bisa dipakai untuk mendapat foto yang apik, ya? Sudah siap mencobanya?


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan