PKA Angkatan I Tahun 2021, BBPK Kemenkes RI Pilih Kabupaten Banggai Sebagai Lokus Studi Lapangan

JAKARTA, MPI_Dalam rangka mengembangkan kompetensi sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi ASN, dan sebagai upaya untuk mencetak para pemimpin perubahan yang mampu mendorong terciptanya inovasi, Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK), Badan Pengembangan dan pemberdayaan SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, menggelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator angkatan I tahun 2021 secara virtual.

Pelatihan yang digelar selama 3 hari, Selasa-Kamis, 31 Agustus hingga 2 September 2021, dengan jumlah peserta 39 orang, dan dibuka langsung oleh Kepala BBPK, Laode Musafin, S.KM., M.Kes., lokus yang dipilih untuk studi lapangan adalah Kabupaten Banggai.

Dalam sambutannya, Kepala BPPK menyampaikan dalam aktualisasi kepemimpinan, peserta dibekali dengan kemampuan menerapkan kapasitas kepemimpinan berkinerja tinggi dalam manajemen pelaksanaan kegiatan pembangunan melalui pengalaman, best practice, dan aplikasinya dalam Aksi Perubahan Peningkatan Kinerja Organisasi.

“Pelatihan ini bertujuan untuk mengantarkan peserta agar dapat mengenal, memahami dan memperoleh insight inovasi dari pemerintah daerah yang telah terbukti dapat mengembangkan inovasi didaerahnya,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan salah satu kegiatan dalam pelatihan adalah studi lapangan yang bertujuan membekali peserta mendapatkan Lesson Learnt, mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan strategi dan manajemen kinerja organisasi pelayanan publik.

Ia mengatakan lokus yang dipilih untuk studi lapangan adalah daerah yang memiliki prestasi atau penghargaan, dan kemampuan menghasilkan terobosan besar atau prioritas nasional yang diperoleh dari info media sosial.

Diuraikan, berdasarkan informasi tersebut, Kabupaten Banggai terpilih sebagai lokus studi lapangan pelatihan karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai berhasil meraih penghargaan pembangunan daerah terbaik kedua nasional tahun 2021 atas sejumlah program dan inovasinya dalam perencanaan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Proses inovasi di Kabupaten Banggai dinilai mampu ditumbuhkembangkan di daerah yang berhasil meraih penghargaan Inagara Award, yang merupakan penghargaan tertinggi kepada pemerintah daerah dengan penyelenggaraan inovasi terbaik, dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Ia menambahkan tiga perangkat daerah di Kabupaten Banggai menjadi lokus studi lapangan pelatihan ini, yakni Bappeda dan Litbang, Dinas Kesehatan, dan PKM Kampung Baru Kecamatan Luwuk.

Dimana masing-masing kepala OPD menjadi nara sumber dengan membawakan materi tentang inovasi Pemkab Banggai yang telah memperoleh penghargaan tingkat nasional.

“Saya berharap para peserta pelatihan dapat mempelajari model inovasi yang dilakukan Pemkab Banggai yang selama ini telah sukses meraih berbagai penghargaan dalam kategori inovasi nasional,” tutupnya.(dewi)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan