Kunker ke Sulteng, Panglima TNI Berharap Level PPKM di Sulteng Menurun

BANGGAI, MPI_Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, berharap level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diseluruh daerah di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) segera menurun.

Hal ini disampaikannya saat memberikan arahan terkait penanganan bencana alam dan non alam (penanganan Covid-19) saat menggelar kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Sulteng, Jumat (03/09).

“Kunker ke Provinsi Sulteng ini guna melihat secara langsung progres penanganan bencana alam dan non alam (Covid-19) diwilayah ini. Saya berharap kedepannya PPKM di Sulteng yang berada pada level IV bisa segera menurun sehingga bisa terjadi pelonggaran, dan aktivitas perekonomian kembali pulih. Itu pula yang menjadi harapan masyarakat Sulteng,” ungkapnya dalam giat tatap muka bersama seluruh pemerintah daerah di Provinsi Sulteng yang digelar secara virtual.

Marsekal Hadi mengatakan sejak awal pelaksanaan PPKM, Provinsi Sulteng mendapatkan atensi khusus dari pemerintah pusat. Atensi ini bertujuan agar penanganan Covid-19 di Sulteng benar-benar dapat terkendali laju penyebarannya.

“Kita lihat bersama, progresnya sangat baik. Dilihat dari angka terkonfimasi Covid-19 di Sulteng turun, dari yang sebelumnya kasus Covid-19 sangat tinggi, saat ini mulai turun. Semoga angka itu bisa terus menurun sehingga situasi di Sulteng bisa kembali normal,” lanjutnya.

Terkait isoter (isolasi terpusat), Panglima TNI mengapresiasi pemerintah daerah yang telah melaksanakan instruksi untuk memindahkan warga isoman (isolasi mandiri) ke tempat isoter. Sehingga jumlah warga isoman lebih sedikit dari yang isoter.

“Langkah-langkah penanganan Covid-19 hendaknya terus dijaga dengan baik. Namun sedikit yang perlu diperbaiki terkait tracing, terdapat proses sinkronisasi data antara pusat dan daerah. Upaya tracing dan testing harus terus dilakukan secara masif termasuk juga vaksinasi pun dilakukan secara masif juga,” tuturnya.

“Terima kasih kepada seluruh pemerintah daerah di Provinsi Sulteng yang sudah berkerja keras bersama TNI/Polri dan nakes dalam mengendalikan laju penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Senada dengan Panglima TNI, kepada awak media ini, usai mengikuti pengarahan, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, menyampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam menekan kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banggai.

“Pemkab Banggai akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam menekan kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banggai. Sehingga level PPKM di Kabupaten Banggai bisa menurun. Hal ini tentu saja akan memberikan dampak positif terhadap pemulihan perekonomian di Kabupaten Banggai,” tandasnya.

Saat mengikuti pengarahan Panglima TNI, Bupati Banggai turut didampingi Sekda Banggai, Ir. Abdullah, M.Si.; Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Drs. Alfian Djibran, M.M., Kepala BNPB Banggai, dan Kabag Prokopim, Ferry R. Ledder, dari ruang rapat khusus Bupati Banggai, kawasan perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.(dewi)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan