Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Pemdes, Pemkab Banggai Gelar Bimtek Siskeudes

BANGGAI, MPI_Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar bimbingan teknis (bimtek) Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES), Senin (27/09), di salah satu hotel di kawasan Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.

Dengan mengusung tema Bagi Aparatur Pemerintah Desa Kita Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Desa Yang Transparan, Akuntabel, Partisipatif, Tertib dan Disiplin Anggaran di Kabupaten Banggai, bimtek dibuka secara langsung oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan pengetahuan Pemdes akan sistem pelaporan keuangan desa masih sangat minim.

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudi Tamoreka

Untuk itu, melalui bimtek yang digelar diharapkan Pemdes mampu memahami cara kerja Aplikasi Siskeudes dan akan menginplementasikan dalam kegiatan pelaporan sistem keuangan di desa.

Lebih lanjut dikatakan sistem keuangan ini sangat relevan dengan perkembangan saat ini. Ia berharap kedepannya tak hanya laporan keuangan, namun juga laporan jumlah penduduk, angka kelahiran, angka kematian dan jumlah potensi desa yang tergambar dalam sebuah website.

“Saya berharap kedepannya kita sudah bisa menggunakan website berisikan data-data daerah. Daerah akan maju bila kita benahi mulai dari desa tentang sistem keuangannya yang maju. Materi yang diberikan dalam bimtek ini diharapkan mampu diaplikasikan dalam kegiatan tugas-tugas kita di dalam pelaporan sistem keuangan desa,” tandasnya.

Ditempat yang sama,  Kepala BPKP Sulteng yang diwakili oleh Tubagus Syahputra, menyampaikan aplikasi Siskeudes merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh BPKP bersama Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ia menegaskan Aplikasi Siskeudes sangat dibutuhkan karena anggaran yang dikelola desa semakin tahun semakin meningkat.

Penggunaan inplementasi aplikasi ini, lanjutnya, harus berlandaskan komitmen, baik dari Pemerintah Daerah (Pemda) maupun aparat desa.

“Sistem aplikasi Siskeudes ini akan berhasil jika dapat dijalankan dan diimplementasikan dalam kegiatan sistem keuangan desa,” pungkasnya.

Kadis PMD Banggai, Amin Djumail

Sementara itu, Kadis PMD Banggai, Amin Djumail, menambahkan pelaksanaan bimtek ini dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas Pemerintah Desa (Pemdes) dalam pengelolaan keuangan desa.

Mulai dari perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban pengelolaan keuangan desa melalui Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

“Tentunya melalui bimtek ini diharapkan mampu mewujudkan Pemerintahan Desa yang bersih, transparan dan akuntabel,” tutupnya.

Pembukaan bimtek aplikasi Siskeudes turut dihadiri Sekda Banggai, Ir. Abdullah Ali. M.Si.; Kepala Inspektorat, Imran Suni; Kaban BPKAD, Marsidin Ribangka; Kabag Prokopim, Ferry R. Ledder, dan peserta bimtek yang terdiri dari para Bendahara dan Operator Siskeudes Se-Kabupaten Banggai.(dewi)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan