Bersama DPRD, Pemkab Banggai Serahkan Bantuan 6.500 Bibit Tanaman Pala Kepada Kelompok Tani di Kecamatan Luwuk Utara

BANGGAI, MPI_Sebagai wujud komitmen, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPRD Banggai menyerahkan bantuan 6.500 bibit tanaman Pala kepada kelompok tani di Kecamatan Luwuk Utara.

Dengan rincian 1.500 bibit tanaman pala diserahkan kepada 1 kelompok tani di Desa Awu dan 5.000 bibit tanaman pala kepada 2 kelompok tani di Desa Bunga.

Bibit tanaman pala ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, didampingi Wakil Ketua I DPRD Banggai, Hj. Batia Sisilia Hadjar, kepada perwakilan kelompok tani, Senin (04/10), di kantor Desa Awu, Kecamatan Luwuk Utara.

Pada kesempatan ini, Bupati Banggai mengungkapkan bantuan yang diserahkan ini bersifat gratis. Untuk itu, ia menekankan kepada kelompok tani untuk tidak melakukan pembayaran dalam bentuk apapun saat akan mengambil bantuan tersebut.

“Bantuan ini bersifat gratis, tidak dipungit biaya apapun. Jangan lagi ada kejadian atau laporan masyarakat diminta membayar saat akan menerima bantuan ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, bantuan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup petani. Olehnya itu, Bupati menghimbai kepada ketua dan anggota kelompok tani untuk bersinergi.

Wakil Ketua I DPRD Banggai, Hj. Batia Sisilia Hadjar, menyerahkan secara simbolis bantuan bibit tanaman pala kepada perwakilan kelompok tani di Kecamatan Luwuk Utara.

Tak hanya itu, Bupati juga meningatkan kepada kelompok tani untuk tidak memberikan data fiktif terkait keanggotaan kelompok tani.

“Jangan ada data fiktif terkait keanggotaan kelompok tani. Kami pernah menemukan saat menyerahkan bantuan 10 ekor sapi kepada kelompok tani, hanya ketua kelompoknya yang ada, anggotanya tidak ada alias fiktif. Jangan ada yang seperti ini kedepannya,” tegasnya.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh pimpinan OPD untuk menghadirkan Bupati dan Wakil Bupati saat akan melaksanakan penyerahan bantuan.

“Undang kami saat akan menyerahkan bantuan, kami ingin tahu yang mana kelompoknya dan mana orang-orangnya.  Kerena hingga saat ini kami belum pernah saya mendengar bantuan pemerintah, khususnya sapi, ayam dan ternak lainnya, itu berhasil, menjadi contoh dan bisa besar. Yang diharapkan kelompon tani penerima bantuan dari pemerintah bisa berhasil dengan bantuan tersebut, bukan sebaliknya,” ujarnya.

Setiap bantuan yang diberikan, lanjutnya, akan di evaluasi tingkat keberhasilannya  6 bulan hingga 1 tahun kedepan. Bila gagal, akan dilakukan pergantian kelompok penerima.

“Apabila bantuan ini berhasil akan kami jadikan percontohan untuk kelompok-kelompok tani di Kabupaten Banggai. Namun, bila gagal akan dilakukan pergantian kelompok penerima. Pmerintah juga akan berperan aktif dalam mencarikan buyer atau pembeli, sehingga hasil perkebunan Kabupaten Banggai bisa dilirik,” tandasnya.

Penyerahan bantuan bibit tanaman pala ini turut dihadiri Plt. Kadis TPHP,  Djamhar Basir; Sekcam Luwuk Utara, Pardi M. Amir; Kades Awu, Efendi Lodik; Kades Bunga, Syahrudin Timpo, serta masyarakat dan para Kelompok Tani.(dewi)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan