Tingkatkan Kompetensi Petani, Pemkab Banggai Gelar Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan Kelompok Tani

BANGGAI, MPI_Dalam rangka meningkatkan kompetensi petani, khususnya terhadap akses keuangan perbankan, tata-kelola keuangan rumah tangga dan usaha pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai menggelar Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan Ketua Kelompok Tani tingkat dasar.

Pelatihan yang digelar selama tiga hari, tanggal 6-8 Oktober 2021, di salah satu hotel di kawasan Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, ini dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Banggai, Drs. H. Alfian Djibran, M.M., M.H. mewakili Bupati Banggai.

Dan diikuti oleh para pengurus kelompok tani dari 7 kecamatan, yakni Kecamatan Bualemo, Pagimana, Nuhon, Batui Selatan, Masama, Toili, dan Kecamatan Toili Barat. Dimana ketujuh kecamatan tersebut merupakan kecamatan lokasi IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program) dan termasuk dalam daerah irigasi.

Dalam arahannya, Assiten II Setda Banggai menyampaikan kelompok tani merupakan garda terdepan dalam menghasilkan produk pertanian di Kabupaten Banggai.

Untuk itu, ia berharap agar para peserta mengikuti pelatihan dengan seksama sehingga bisa mendapat nilai tambah.

“Kelompok tani merupakan garda terdepan dalam mebghasilkan produk pertanian di Kabupaten Banggai. Kalau produk pertanian itu macet maka yang merasakan dampaknya adalah masyarakat Kabupaten Banggai. Untuk itu, kami menghimbau agar peserta mengikuti pelatihan dengan seksama sehingga bisa mendapat nilai tambah,” tandasnya.

Pembukaan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan Ketua Kelompok Tani Tingkat Dasar ini turut dihadiri Plt Kadis TPHP Banggai, Ir. Jamhar Basir, M.Si.; Koordinator Penyuluh Kabupaten Banggai, Ir. Sunarso Lakoro, M.Si.; Konsultan IPDMIP Banggai, Imam, dan staf pada Dinas TPHP Banggai.(dewi)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan