Raih Predikat Opini WTP ke IX, Pemkab Banggai Berkomitmen Terus Tingkatkan Nilai-Nilai Good Governance

PALU, MPI_Untuk ke sembilan kalinya, secara berturut-turut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 dari Kementerian Keuangan RI.

Penghargaan ini diserahkan langsung  oleh Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irfa Ampri, atas nama Menteri Keuangan RI kepada Wakil Bupati Banggai, Drs. Furqanuddin Masulili, M.M., Kamis (14/10), di Gedung Pogombo, kantor Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Kecamatan Palu Timur, Kota Palu.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Keuangan RI, khususnya Kakanwil DJPb Sulteng, yang telah memberikan penghargaan kepada Pemprov Sulteng dan sejumlah kabupaten/kota di Sulteng predikat Opini WTP atas LKPD tahun 2020.

“Hal ini merupakan sarana pembuktian kepada pemerintah daerah bahwa tata kelola keuangan daerah yang dilaksanakan sudah akuntabel, transparan dan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” ucapnya.

Untuk itu, ia berharap pemerintah daerah yang meraih predikat Opini WTP kedepannya akan terus meningkatkan tata kelola pemerintahannya.

“Semoga kedepannya seluruh tata kelola pemerintah daerah mendapat opini WTP atas LKPD tahun 2021,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kakanwil DJPb Sulteng, Irfa Ampri, juga memberikan apresiasi dan mengatakan koordinasi yang terjalin intensif dengan semua pemangku kepentingan membuat predikat Opini WTP dapat diraih.

Ia berharap pemerintah daerah terus menjalin komunikasi yang baik kepada seluruh stakeholder termasuk BPK, BPKP dan Departemen Keuangan untuk merumuskan strategi mengantisipasi berbagai tantangan dan proses penyusunan dan pemerikasaan LKPD tahun 2021.

“Pencapaian WTP bagi daerah merupakan sarana yang menggambarkan kondisi sebuah penyelenggaraan pemerintahan daerah telah mampu menerapkan transparansi dan good governance, khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah,” tutupnya.

Secara terpisah, Wakil Bupati Banggai, Drs. Furqanuddin Masulili, kepada awak media ini, menyampaikan Pemkab Banggai terus berkomitmen untuk menjalankan nilai-nilai tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

“Salah satunya dengan mewujudkan akuntabilitas yang tercermin dari berbagai upaya mempertahankan opini tertinggi dan meningkatkan nilai pemeriksaan laporan Keuangan,” pungkasnya.

Selain Pemkab Banggai, sejumlah pemerintah daerah di Provinsi Sulteng juga meraih predikat Opini WTP, yakni Pemkab Sigi, Donggala, Tolitoli, Morowali, Morowali Utara (Morut), Poso, Banggai Laut (Balut) dan Parigi Moutong (Parimo).

Sedangkan untuk Pemkab Banggai Kepulauan (Bangkep) BPK tidak menyatakan pendapat atas LKPD tahun 2020.

Penyerahan plakat dan piagam predikat Opini WTP ini turut dihadiri Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mun Amir, Bupati Tojo Una-una, Bupati Buol, dan Walikota Palu yang juga menerima piagam WTP tahun 2020 dan plakat penghargaan pencapaian predikat WTP.

Selain penyerahan piagam penghargaan opini WTP, pada kesempatan ini juga dilakukan penandatangan nota kesepakatan tentang Forum Koordinasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah.(dewi)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan