Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Kecamatan Lobu, Bupati Banggai Paparkan Sejumlah Program Yang Telah Dijalankan

BANGGAI, MPI_Mengusung tema Meneladani Akhlak dan Cinta Kepada Rasulullah SAW dalam mewujudkan Banggai Maju, mandiri, sejahtera, serta mendukung penanganan Covid 19, pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Banggai menggelar peringatan Maulid Nabi tahun 2021, Jumat (22/10), yang dipusatkan di halaman Masjid Al-Khairat Lobu, Kecamatan Lobu, Kabupaten Banggai.

Peringatan Maulid Nabi tahun 2021 yang dihadiri langsung oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, dan Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M. menghadirkan penceramah kondang Ust. Zainal Abidin Alihamu, yang juga diketahui sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banggai.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh Pemerintah Kecamatan (Pencam) atas usahanya dalam menurunkan angka Covid-19, dimana dari 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai 15 diantaranya sudah masuk zona hijau dan 8 kecamatan lainnya zona kuning.

“Dengan menghijaunya mayoritas kecamatan di Kabupaten Banggai maka kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa yang banyak, seperti peringatan Maulid Nabi ini, telah kami bolehkan. Insya Allah kedepan bisa kita jaga di zona hijau,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan sejumlah program kerja Pemerintahan AT-FM telah dijalankan, diantaranya di bidang kesehatan, yakni penandatanganan MOU bersama BPJS Kesehatan Banggai terkait 45 ribu lebih keikutsertaan masyarakat dalam dalam program BPJS JKN-KIS yang telah dicover oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai.

“Kurang lebih Rp5.4 Milyar kami alokasikan dari APBD-Perubahan tahun 2021 untuk mengcover BPJS JKN-KIS untuk 45 ribu masyarakat. Sehingga total masyarakat yang tercover oleh KIS dan BPJS telah mencapai 350 ribu jiwa atau 90 persen dari total jumlah penduduk Kabupaten Banggai,” jelasnya.

Selain di bidang kesehatan, Bupati menuturkan bahwa Pemkab Banggai akan membagikan 18.000 bibit tanaman pertanian dan perkebunan gratis, dan ternak gratis kepada kelompok-kelompok tani dan ternak melalui dinas terkait yang merupakan bagian dari Visi dan misi pemerintah.

“Insya Allah bulan depan kami juga akan menggelontorkan program populer kami, yakni 1 juta 1 pekarangan, yang tersebar di beberapa dinas, baik itu dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan, Sosial, dan beberapa dinas lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PHBI Banggai, Drs. Alfian Djibran, M.M., M.H. menambahkan kepengurusan PHBI dibawah asuhannya menggelar kegiatan hari besar keagaaman tidak hanya terpusat di Kota Luwuk, akan tetapi disebar diberbagai kecamatan.

“Siar agama tidak hanya terpusat di kota luwuk akan tetapi ke seluruh pelosok Kabupaten Banggai,” tambahnya.

Ia juga menghimbau kepada selurih pengurus PHBI Banggai untuk turut menyukseskan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2024.

“Saya berharap seluruh pengurus PHBI selain berdakwah juga selalu mensukseskan program Pemkab Banggai demi tercapainya Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2024,” pungkasnya.

Peringatan Maulid Nabi tahun 2021 di Kecamatan Lobu turut dihadiri Kaban BKPSDM, Sofyan Datu Adam; Kadis LH, Syafrudin Hinelo; Kepala Cabang BSI; Ketua Perwis, Anti Murad; pengurus PHBI Banggai, pengurus Alkhairat Lobu, dan masyarakat Lobu.(dewi)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan