BMW GROUP DAN PIRELLI BERSAMA BIRDLIFE INTERNATIONAL MEMULAI PROYEK UNTUK BERKONTRIBUSI DALAM MENJAGA EKOSISTEM ALAM INDONESIA

KEGIATAN INI MENDORONG PRODUKSI KARET ALAM UNTUK MELINDUNGI KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN MASYARAKAT LOKAL DI HUTAN HARAPAN

MediaPATRIOT – Munich, Milan, Cambridge, 1 November 2021 – BMW Group dan Pirelli bergabung dengan Birdlife International dalam proyek tiga tahunan yang bertujuan untuk mendukung produksi jangka panjang karet alam yang berkelanjutan dan bebas deforestasi di Indonesia. Birdlife International – sebuah LSM yang melestarikan keanekaragaman hayati global, habitat dan burung – akan didukung oleh dua mitra barunya dalam tindakan untuk memberi manfaat bagi masyarakat lokal, konservasi ekosistem alam dan perlindungan spesies hewan yang terancam punah di hutan Indonesia. Di Indonesia, proyek ini dilaksanakan oleh sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang dikoordinir oleh konsorsium lokal PT Restorasi Ekosistem Indonesia (PT REKI). Di Indonesia, budidaya karet alam merupakan salah satu sumber pendapatan tradisional bagi penduduk setempat.

Proyek ini terletak di bagian dari hutan hujan Hutan Harapan (pulau Sumatera), yang merupakan rumah bagi sekitar 1.350 spesies hewan yang berbeda. Proyek ini akan berupa serangkaian inisiatif yang bertujuan untuk tingkatkan kualitas hidup masyarakat adat dengan melindungi hak-hak petani atas tanah dan mempromosikan hak-hak perempuan, melestarikan kawasan bebas deforestasi seluas 2.700 hektar dan melindungi beberapa spesies yang terancam punah. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan sejalan dengan tujuan Global Platform of Sustainable Natural Rubber (GPSNR), platform multi-stakeholder untuk pengembangan bisnis karet alam secara berkelanjutan, di mana BMW Group, Pirelli dan Birdlife International adalah founding members.

Kemitraan antara BMW Group dan Pirelli dalam mendukung Hutan Harapan Indonesia merupakan bagian dari jalan bersama menuju karet alam yang berkelanjutan. Dalam konteks ini, Pirelli mengembangkan dan memproduksi ban pertama di dunia, Pirelli P ZERO, yang telah disertifikasi oleh Forest Stewardship Council (FSC), digunakan pada the new BMW X5 Plug-in-Hybrid, menjadi mobil pertama di dunia yang dilengkapi dengan ban bersertifikasi ini.

AKTIVITAS UTAMA DALAM PROYEK

Kegiatan yang dipersembahkan oleh Pirelli, BMW Group, dan Birdlife International ini melibatkan sejumlah pemangku kepentingan: masyarakat lokal, lembaga pemerintah, dan seluruh rantai nilai karet alam.

Program tiga tahun ini mencakup beberapa kegiatan, termasuk:

  • Pendekatan Agroforestry dalam konteks karet alam, seperti yang dipromosikan oleh GPSNR, untuk mengoptimalkan hubungan antara produksi dan diversifikasi pendapatan dengan tambahkan variasi tanaman di area yang sama, melestarikan keanekaragaman hayati, meningkatkan kesuburan tanah, memanfaatkan sumber daya dari sudut pandang ekonomi sirkular, dan melakukan sekuestrasi karbon.
  • Good Agricultural Practices (GAP): pelatihan bagi petani kecil tentang praktik budidaya dan pengelolaan perkebunan yang baik, untuk mendukung lingkungan, produktivitas, dan peningkatan kondisi hidup dan kerja petani kecil.
  • Keterlibatan masyarakat lokal: melibatkan keluarga petani yang aktif di daerah tersebut untuk mengidentifikasi, memastikan penghormatan dan perlindungan hak-hak tempat tinggal mereka.
  • Perlindungan hutan: pemantauan dan pemeriksaan langsung kawasan hutan melalui warden, drone dan teknologi kontrol satelit.
  • Pemberdayaan perempuan: lokakarya bagi perempuan untuk mengembangkan keterampilan dengan tujuan untuk mendapatkan peran baru yang potensial, dengan perhatian khusus pada kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan karet alam yang berkelanjutan dan perlindungan keanekaragaman hayati dan hutan.
  • Perawatan dan perlindungan satwa: pemetaan dan pemantauan spesies hewan yang paling berisiko seperti Harimau Sumatera, Rangkong Gading, Burung Daun Hijau Besar dan Owa Ungko, dengan melibatkan masyarakat lokal dalam peran aktif perlindungan hutan dan keanekaragaman hayati.
  • Pelacakan dan penggunaan karet alam berkelanjutan: pembentukan Koperasi Petani karet alam untuk memungkinkan pasokan langsung karet alam dari masyarakat ke pabrik pengolahan di wilayah tersebut; pengenalan dokumentasi untuk penelusuran karet dari perkebunan ke pengolah.

Birdlife International akan berkoordinasi dengan Pirelli dan BMW Group mengenai pengembangan proyek dan hasil yang dicapai melalui rencana pelaporan berkala.

“Sebagai produsen premium, tujuan kami adalah menjadi pemimpin dalam topik Sustainability dan secara aktif bertanggung jawab dalam rantai pasokan kami. Dalam memerangi perubahan iklim, kami meluncurkan langkah-langkah yang ditargetkan untuk mendukung keanekaragaman hayati dan konservasi hutan hujan tropis,” ungkap Dr Andreas Wendt, BMW AG Board Member for Purchasing and Supplier Network. “Proyek kami di Indonesia akan membantu masyarakat dan ekonomi lokal untuk bekerja lebih selaras dengan alam. Pada saat yang sama, kegiatan ini juga akan mendukung masyarakat lokal dengan peningkatan metode budidaya tradisional mereka untuk karet alam dengan lebih profesional.”

Giovanni Tronchetti Provera, Pirelli’s Senior Vice President for Sustainability and Future Mobility, mengatakan: “Pengembangan proyek ini didasarkan pada prinsip-prinsip transparansi dan perwujudan yang selalu memandu kegiatan Pirelli. Bersama BMW Group, untuk mendukung tujuan Birdlife, kami bermaksud untuk menjadi bagian aktif dari proyek yang bertujuan untuk memberikan dampak berkelanjutan yang komprehensif pada karet alam, dengan keyakinan bahwa komunitas, keanekaragaman hayati, dan bisnis harus tumbuh dengan saling mendukung, dan menciptakan nilai sosial-lingkungan bersama.”

Patricia Zurita, CEO, BirdLife International, berkomentar: “BirdLife bekerja tidak hanya di masalah spesies dan lokasi untuk mengatasi penyebab sistemik dari krisis keanekaragaman hayati dan iklim, dan mempromosikan dunia yang mendukung alam dan netral karbon. Inilah sebabnya kami bergabung dengan GPSNR dan menyambut baik kolaborasi dengan Pirelli dan BMW ini untuk menanamkan praktik yang menjaga alam dalam rantai nilai karet.” (red Irwan)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan