August Hamonangan SH MH Anggota DPRD Komisi D DKI Jakarta Gelar Sosperda Sehari

MediaPATRIOT – Jakarta, 14 November 2021. August Hamonangan Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyelenggarakan Sosialisasi peraturan daerah (Perda) no 4 tahun 2019 perubahan dari perda no 3 tahun 2013 dihadiri oleh Sekretaris Camat, Tebet serta sekretaris Kelurahan menteng dalam dan SKPD lSudin lingkungan hidup Jakarta Selatan berserta para warga RW 15 Menteng Dalam.

Pembicara pada acara sosialiasai perda no 4 tahun 2019 dari perubahan perda no 3 tahun 2013 pembicara dihadirkan agar para warga yang hadir dapat mengetahui mengenai pengolahan sampah.

Banyak kegiatan yang melibatkan warga RT/ RW 15 Menteng Dalam tentang pengolahan sampah serta sangsi pembuangan sampah sembarangan pada sosperda ini. Nanti ke depannya Bapak Ibu bisa men-support apa yang menjadi kegiatan utama prioritas tentunya untuk kebutuhan warga disini.

August Hamonangan diberikan amanah oleh Partai PSI menjadi Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta. Tentunya juga saya harus lebih banyak lagi. Dengan keinginan saya prioritas kita mau jadikan yang namanya bank sampah. Itu bisa menjadi tolak ukur keberhasilan lingkungan hidup untuk bisa melibatkan warga DKI Jakarta khususnya warga Jakarta Selatan di RW 15 Menteng Dalam yang sekarang ini harus benar-benar warga dilibatkan aktif.

August Hamonangan mengatakan bahwa Ibu-ibu sekarang cukup pusing untuk memilah-milah sampah. Nanti masuk ke gerobak sampahnya tercampur semua. Kemudian pada saat sampai ke tempat pembuangan sampah disinilah Peran bank sampah untuk memilah sampah, Informasi – informasi aktual teman-teman dari lingkungan hidup perlu menyampaikan kepada keluarga. Baru tadi kita ngomongin maggot sampai Ibu mungkin didengarnya belatung. Maggot itu bisa menggerogoti banyak sampah sampai berapa kilo / berton-ton bisa diselesaikan dengan Maggot tapi selesai saya berbicara selanjutnya dijelaskan oleh narasumber ahlinya.

Pada hari ini saya mau menjalin silaturahmi juga dengan Warga RW 15 Menteng Dalam. Dengan silaturahmi ibu-ibu pengajian doain saya. Nanti selesai sosperda Bapak dan Ibu bisa menyampaikan tanggapan atau aspirasinya terkait dengan pengelolaan sampah. Saya punya yel-yel bagus untuk meningkatkan semangat yaitu kalau saya bilang “August Hamonangan Sosperda” , Bapak Ibu jawab “Pasti Beda”. Pungkasnya August Hamonangan Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI.

Kemudian dihari yang sama Minggu 15/11/21 menyelenggarakn sosperda yaitu diRW10/RT09 gang perintis kelurahan kebon baru kecamatan Tebet jakarta selatan yang bertujuan agar masyarakat mengetahui pengolahan sampah dan kesadaran jangan buang sampah sembarangan serta sangsi atas pembuangan sampah sembarangan.

Sebagai narasumber aktif oleh SKPD suku dinas lingkungan hidup jakarta selatan,l dan Mariana selaku lurah Kebon baru serta wakil dari kecamatan Tebet dan seluruh warga RW 10 kelurahan kebon baru.

August diakhir acara sosperda dalam keterangan pers menegaskan pelaksanaan sosial perda
adalah khusus perubahan dari perda no 3 tahun 2013 yakni perda no 4 tahun 2019 tentang pengolahan sampah terkait dengan dapat bekerja sama dengan daerah dan juga peran aktif masyarakat.

Dan peran aktif masyarakat ini menjadi sorotan karena kekwatiran dengan volume sampah semakin membesar sehingga pengangkutan sampah ke Tempat pembuangan sampah (TPS) Bandar gebang bekasi sudah sampai tingkat sangat tinggi dan jangan sempat adanya penolakan dari Bantar gebang atas pembuangan sampah tersebut kita belum siap

Sebagai kewajiban warga ada diatur pada pergub 77 tahun 2020 tentang pengolahan sampah lingkup rukun warga Bank sampah merupakan wadah edukasi masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah di sumber dimana sampah yang sudah kita pilah bisa bernilai rupiah , selain itu bank sampah menjadi wadah kreasi daur ulang.

Dan warga agar patuh terhadap pergub ini sehingga masalah sampah menjadi tanggung jawab bersama.

Di sela acara tersebut salah seorang warga RW 10 kebon baru mengatakan bahwa warga sangat menyambut baik acara anggota DPRD yaitu Agus Hamonangan sehingga menambah pengetahuan bagi kami warga disini mengenai pengolahan sampah serta lainnya sesuai sosperda no 4 tahun 2019 perubahan dari perda no 3 tahun 2013 tentang sampah yang diselenggarakan
hari ini Ucap Ibu Gustina

Kemudian lanjut August sehari sosialisasi perda dilakukan hari ini difokuskan dan padat acara di pilih pada tanggal 14/11/21 agar lebih efektif dan efisien bagi warga karena hari libur agar warga di kecamatan tebet mengetahui dan mendapatkan informasi atau edukasi, yang mana juga bagian program dari kinerja DPRD juga yaitu dalam bentuk sosialisasi perda sebulan dari tanggal 13 sampai dengan 14 November 2021 dilaksanakan dua kali sebulan .

Saya laksanakan juga sesuai ketentuan serta sekaligus dalam rangkaian kegiatan memperingati tujuh tahun PSI, ungkap August selaku anggota DPRD DKI jakarta dari fraksi PSI.

(red Irwan)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan