oleh

BINUS SCHOOL Serpong Gelar Hybrid Seminar “How to Empower Your Children to be the Best”

MediaPATRIOT – BINUS SCHOOL Serpong fokus pada pendidikan kurikulum nasional dan internasional Cambridge, membangun karakter teladan, mendukung pembelajaran inovatif, dan membina kepemimpinan anak yang penuh kasih.

Dalam rangka menjalankan visi memberdayakan masyarakat (Empowering the Society), BINUS SCHOOL Serpong mengadakan acara Hybrid Seminar “How to Empower Your Children to be the Best” pada hari Sabtu, 27 November 2021 pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB,  di Admission Hall lantai 2 BINUS SCHOOL Serpong.

Acara ini mengusung konsep seminar dengan perpaduan onsite dan online, dimana peserta yang berpartisipasi secara online bergabung dengan aplikasi zoom, sementara peserta yang berpartisipasi secara onsite hadir langsung ke lokasi acara.

Dibawakan oleh Inez Taniwangsa selaku BINUS SCHOOL Serpong Middle and High School Head of Guidance and Counselling, seminar ini bekerja sama dengan beberapa organisasi ternama seperti Keluarga Kita, Rencanamu, dan Sekolahmu.

Topik pembahasan pada Hybrid Seminar: How to Empower Your Children to be the Best adalah seputar kompetensi anak, mengenali dan memahami kebutuhan anak, manajemen diri orang tua, eksplorasi minat dan bakat anak dan cara menghadapi tantangannya, serta menjaga suasana di rumah agar kondusif.

Seminar ini turut menghadirkan dua pembicara yang berpengalaman serta kompeten di bidangnya. Pertama, Direktur Keluarga Kita Yulia Indriati yang telah berkiprah sebagai pelatih pendidikan keluarga sejak 2013.

Dalam pemarannya dikatakan, orang tua merupakan penggerak pendidikan keluarga karena menjadi orang tua memiliki tantangandan tidak mudah. “Jadi membutuhkan support dari sesama orang tuanya itu secara kontinu,” kata Yulia Indriati.

Maka dari itu, Yulia menambahkan, kami percaya sumber belajarnya orang tua yang efektif itu adalah belajar dari orang lain. Dan di Keluarga Kita ada istilah yang namanya penggerak pendidikan keluarga yang dinamakan  Relawan Rangkul.

” Kalau menghadapi anak jaman sekarang berbeda dengan dulu, dan jadi orang tua kita harus mengupdate dengam cara jaman saat ini yang lebih cocok,” ujar Yulia.

Sedangkan pembicara kedua, Mentor Rencanamu, Triani A.M. Nainggolan yang telah berpengalaman menjadi mentor sejak tahun 2017. Adapun poin utama yang disampaikan bahwasanya orang tua memang punya ekspetasi untuk masa depan anaknya begitu sebaliknya.

Menurutnya,  anak memang perlu diarahkan dikarenakan, anak memiliki keinginan yang banyak serta masih merasakan kebingungan dalam hal apa yang harus dilakukannya.

Sedangkan, Ms. Sherrierose Gonzales selaku Middle and High School Principal turut mengungkapkan bahwa sebagai orang tua, ini adalah tantangan tanpa akhir tentang bagaimana untuk selalu mendukung anak kita dan bagaimana pendekatan yang tepat, seiring berjalannya waktu. Terkadang, salah satu cara terbaik adalah menemukan orang yang dapat Anda ajak berbagi pengalaman dan belajar satu sama lain. Ingatlah bahwa sementara anak-anak kita tumbuh, kita juga sebagai orang tua harus tumbuh bersama mereka.

“Sebagai komitmen BINUS SCHOOLs untuk membina dan memberdayakan masyarakat, BINUS SCHOOL Serpong telah mengadakan serangkaian acara untuk melibatkan siswa dan orang tua kami, baik secara internal maupun eksternal. Fokus workshop hari ini adalah memberdayakan Orang Tua sebagai pendukung dalam perjalanan belajar anaknya agar anaknya bisa menjadi versi terbaik dari dirinya. Diskusi hari ini difokuskan pada apa yang dapat dilakukan Orang Tua untuk menyediakan lingkungan yang penuh kasih dan pengasuhan bagi anak-anak mereka untuk mengeksplorasi minat dan mengembangkan bakat mereka”, ungkap Ms. Leony Siagian selaku Early Childhood Years and Elementary Vice Principal.

Diwaktu bersamaan Ketua Parent Support Group TK dan SMP Binus School Serpong, Ibu Tika mengatakan, dengan mengangkat tema seminar ini menurut dirinya sebagai orang tua yang memiliki tiga orang anak yang beranjak remaja (SMA dan SMP) serta SD yang memiliki karakter dan sifat – sifat yang berbeda, dirinya memang sangat menyutujui apa yang telah dipaparkan oleh Yulia Indriati hal ini merupakan tantangan bagi orang tua.

“Dengan adanya informasi yang tadi didapat setidaknya saya mengerti next step harus begini dan next step begitu (dalam mengambil tindakan),” ujar Tika.

Maka itu, seminar ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada para orang tua untuk dapat memaksimalkan bakat anak. Disamping itu, peran serta BINUS SCHOOL Serpong diharapkan dapat menyatukan ekosistem (siswa, pendidik, pelaku industri, komunitas, masyarakat dan pemerintah) melalui pendidikan berkelas dunia yang akan menciptakan siswa/i menuju karakter teladan, pembelajaran inovatif, dan kepemimpinan yang penuh kasih tidak hanya dalam lingkup keluarga, namun juga dalam masyarakat. (red Irwan)

Punya akun DANA gak? Klik saja sekarang ada uang Rp.101 untuk 99 orang pertama KLIK DISINI DANA KAGET

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed