HUT Ikatan Keluarga Gunungkidul Ke 51 Dilaksanakan Sukses dan Sesuai Prokes Covid-19 Di TMII Jakarta

MediaPATRIOT – Jakarta, Hari ulang Tahun Ikatan Keluarga Gunung kidul ( IKG)) ke 51 diselenggarakan diianjjungan Yogyakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) jakarta sukses dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) pandemik covid 19 oleh para hadirin yang datang.

Pada acara tersebut tamu yang turut menghadiri acara tersebut Mayor Chb(purn) Sunaryanta selaku Bupati Kabupaten Gunung Kidul DI Yogyakarta, Bapeda sebagai perwakilan sekda DI Yogyakarta, dan para ketua paguyuban serta Ketum IKG segenap prangkatnya.

Dalam agenda acara tersebut ada juga pemotongan nasi tumpeng, pemilihan tokoh wayang dan diselingi hiburan wayang kulit dengan thema cerita semangat bersama membangun Omah budaya IKG yang diselenggarakan secara daring, streaming sehingga dapat disaksikan oleh masyarakat kabupaten Gunung kidul DI Yogyakarta dan tamu lainnya yg tdk dapat hadir ditempat.

Di sela acara HUT IKG ke 51 Sunaryanta selaku Bupati Gunung kidul dalam keterangan pers mengatakan bahwa dengan adanya paguyupan IKG sebagai wadah silahturahmi dan kesatuan bersama bagi masyarakat Gunung kidul yang ada diperantauan maupun di Gunung kidul dan dalam aktivitas program IKG dapat memperkenalkan seni budaya serta Umkm, dan Pariwisata.

Dengan adanya program IKG untuk membangun Omah budaya IKG, pemda juga mendukung dalam kebersamaan ini pada seni budaya yang dikemudian hari dapat menyajikan seni, tari, wayang kulit dan lainnya sebagai seni budaya daerah kabupaten Gunung kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, yang mana bagian dari pariwisata.

Kemudian, lanjut Sunaryanta mari kita bekerjasama sehingga Gunungkidul dapat di kenal secara lokal maupun manca negara katanya.

Diwaktu serta tempat yang bersamaan Ketua Umum IKG Drs Edi Sukirman MM menuturkan bahwa sebelumnya IKG sudah melaksanakan bantuan sosial serta kunjungan ke gunung kidul kemudian kontak dagang dengan Umkm yang ada di Jakarta serta gunung kidul sehingga kedepannya dapat membina hubungan baik untuk saling membangun.

Selannjutnya sebelum acara ini dilaksanakan telah dilaksanakan Rapat umum Tahunan yang dilaksanakan sekali setahun.

Dan pada acara ini juga dihadiri bapak Bupati Gunungkidul yang kesannya dapat memberikan pesan moral yaitu memberikan semangat kepada IKG agar tidak boleh melupakan investasi dan ikut membangun gunung kidul, ucap ketum IKG

Edi sukirman menambahkan, bahwa benar adanya IKG mau membangun Rumah (omah) budaya IKG yang mana sebulan yang lalu telah dilakukan peletakan batu pertama dan insya Allah tahun depan dapat membangun Joglonya yang berlokasi di Serpong provinsi Banten, JelasNya

Sastro harjanto selaku sekretaris jendral IKG menjelaskan sebagai langkah kedepan visi misi IKG yaitu membangun Guyup rukun, mensinergikan kegiatan kegiatan sehingga bernilai positif untuk kemasyarakatan karena paguyupan berlandaskan sosial kemasyarakatan sehingga prioritas kegiatan mengacu pada sosial.

Selain itu secara pararel dapat menciptakan kreasi kegiatan yang sifatnya untuk menjadi jembatan aplikasi dari pada warga IKG yang ingin berpartisipasi membantu beban seperti contoh bansos selama pandemik 19 kemudian kini yang sedang membangun omah budaya IKG, kemudian pengelolaan tentang kesenian dan kebudayaan seperti latihan karawitan,kesenian ketoprak dan lain lain sebagai pengembangannya.

Kemudian dalam peningkatan ekonomi IKG dengan menggunakan instrumen gerakan Koperasi yang sudah terbentuk berpikir agar bagaimana cara pengembangannya secara pararel yaitu dengan adanya pencatatan warga masuk koperasi yang selanjutnya dapat dikelola agar warga turut berpartisipasi didalam pengembangan ekonomi yang digerakkan dengan adanya Umkm.

Sebagai program dalam peningkatan nya atau pengembangannya dapat melakukan seminar seminar yang dikolaberasikan dengan pemda Gunung kidul yaitu metode pameran, tegas sekjen IKG. (red Irwan)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan