oleh

KAL Bireuen I-1-70 Milik Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Tangkap Dua Kapal Trawl di Perairan Peureulak Aceh Timur

MediaPATRIOT – Aceh Utara,- Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah sangat apreasi kepada Kapal Patroli TNI AL yaitu KAL Bireuen I-1-70 yang telah melakukan penangkapan dua unit Kapal Ikan Pukat Trawl yang sedang melakukan penangkapan ikan secara iIlegal di persisir Perairan Peureulak Aceh Timur, Selasa (08/02/2022).

Komandan KAL Bireuen I-1-70 Kapten Laut (P) Bambang Priambodo menjelaskan bahwa penangkapan 2 kapal ini berawal ketika KAL Bireuen I-1-70 sedang melaksanakan patroli rutin dan mendeteksi kontak radar adanya dua unit kapal ikan disekitar pesisir Perairan Peurlak. Kecurigaan Komandan KAL Bireuen I-1-70 terbukti saat dilakukan pengejaran, ditemukan kedua kapal sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan secara iIlegal menggunakan alat tangkap Pukat Trawl. Saat penangkapan, kedua Kapal Pukat masih memutar mesin penarik jaring pukat dan terlihat batu-batu terumbu karang yang ikut terangkat yang berdampak rusaknya terumbu karang yang merupakan ekosistem rumah ikan. Hal ini tentu saja berdampak sangat merugikan bagi nelayan kecil yang menggantungkan hidupnya mencari ikan di daerah pesisir perairan. Rusaknya ekosistem terumbu karang dan terjaringnya anak-anak ikan menjadikan ikan di daerah pesisir menjauh ke tengah laut yg lebih jauh. Sementara mayoritas para nelayan hanya memiliki kapal kecil yang tidak bisa melaut hingga diatas 10 Nautical Mils.

Baca Juga : AYU TINGTING KENA SOROTAN MUI (ARTIS6.COM)

Baca Juga : VIRAL JENAZAH (MAYAT) DI ANGKUT OJEK (BANGGAI.MEDIAPATRIOT.CO.ID)

Penangkapan Kapal pertama
KM. Ocean King I milik sdr. Muhamad terjadi di 2,5 Nautical Mils dari pesisir pantai Peurlak Aceh Timur. Kapal KM. Ocean King I secara surat kelaikan bertonase 6 GT, namun secara fisik kapal ini lebih dari 15 GT. Kapal yang di nahkodai sdr. Muhammad Nur bersama 3 ABK ini membawa alat tangkap jenis Trawl dan ditemukan muatan ikan campuran kurang lebih 600 Kg.

Sedangkan penangkapan kapal kedua yakni KM. Mubarokah milik sdr. Nurdin terjadi di 6 Nautical Mils dari pesisir pantai Peurlak Aceh Timur. Kapal KM. Mubarokah secara surat kelaikan bertonase 7 GT namun secara fisik terlihat lebih dari 15 GT. Kapal yang dinahkodai sdr. Musliadi dengan 4 ABK ini membawa alat tangkap jenis Trawl dan memuat kurang lebih 500 Kg ikan campuran.

Berdasarkan pemeriksaan awal diketahui bahwa kedua kapal penangkap ikan tersebut diduga melakukan penangkapan ikan secara illegal di Perairan Peurlak Aceh Timur tidak jauh dari garis pantai peurlak dengan menggunakan alat tangkap Pukat Trawl yang jelas jelas dilarang UU Perikanan Nomor 45 tahun 2009 dan tidak dilengkapi dokumen resmi kapal ikan yang sah.

Selanjutnya KAL Bireuen I-1-70 membawa kedua unit kapal ikan tersebut, yaitu KM. Ocean King I dan KM. Mubarokah beserta 9 Abk kedua kapal ke Pelabuhan Kreung Geukuh untuk dilaksanakan proses pemeriksaan lebih lanjut di Pangkalan TNI AL Lhokseumawe.

Selama melaksanakan pemeriksaan dan penarikan dua unit kapal, kegiatan berjalan dengan Lancar dan aman dilaksanakan sesuai prosedur penegakan hukum laut oleh pihak TNI AL Lanal Lhokseumawe.

(Pen Lanal LSE) red Irwan

Hubungi Redaksi / Bagian Iklan di Whatsapp Center 08999208174

Baca Juga : SEEKOR HARIMAU SERANG DOKTER HEWAN DI TAPSEL (MEDIAPATRIOT.CO.ID)

Baca Juga : KODIM 0504 /JAKARTA SELATAN BERSAMA HIPMI GELAR BAKTI SOSIAL DAN VAKSINASI (BERITAMPI.COM)

Sejarah Berdirinya Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id

Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id didirikan oleh Hamdanil Asykar pada tanggal 27 Maret 2012 di Kota Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.220G Bulak Kapal Bekasi Timur dan Berbadan Hukum PT. GABUSELA (PT. GALIBUMI SEKAR LANGIT).

Namun dengan adanya peraturan baru dari Dewan PERS harus berbadan Hukum PT dibidang khusus Media maka dibuatlah PT baru dengan nama PT. MEDIA PATRIOT INTERNASIONAL dengan alamat yang sama.

Hamdanil Asykar selaku pendiri sekaligus Pemimpin Redaksi Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di PWI Bandung Jawa Barat dengan Tingkat Muda dan segera mengikuti jenjang berikutnya yaitu Madya dan Utama sebagai syarat mutlak Pemimpin Redaksi Media Online harus sudah mengikuti UKW sampai tingkat utama.

Nilai DA 57 dan PA 36 media online nasional www.mediapatriot.co.id otomatis mempunyai harga iklan / backlink yang tinggi yaitu Rp.5.000.000,- (NEGO) / Tayang.

Di ulang tahunnya yang ke 10 mulai tahun 2022 media online nasional www.mediapatriot.co.id memberikan apresiasi kepada para pengusaha UMKM mendapatkan diskon iklan / backlink mulai dari 10% sampai 90% sehingga bisa memberikan Brand kepada semua UMKM bisa dikenal keseluruh Indonesia bahkan ke mancanegara. (REDAKSI)



UCAPAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1443 H / 2022 M DAN UCAPAN MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1443 H / 2022 M DARI BERBAGAI INSTANSI PEMERINTAH / SWASTA :


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.